Tinggi, Antusiasme Mahasiswa Unjani Tinggi Ikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka


Tinggi, Antusiasme Mahasiswa Unjani Tinggi Ikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

KBB,- Universitas Jendral Achmad Yani (Unjani) menggelar Seminar Nasional terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Hotel Mansion Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, baru-baru ini.

Kampus merdeka merupakan lanjutan dari program merdeka belajar yang menjadi terobosan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Kebebasan menjadi konsep dasar dalam menjalankan program tersebut, terutama bagi mahasiswa.

Di mana selama tiga semester, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman di luar program studi bahkan kampus.

“Seminar ini merupakan realisasi dari dana hibah yang diberikan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek kepada kita Universitas Jenderal Achmad Yani. Bantuan pendanaan ini untuk melakuakn penelitian terhadap kebijakan yang dibuat oleh Kemendikbud Ristek yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka, apakah baik atau tidak,” kata Rektor Universitas Jendral Achmad Yani, Prof Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D kepada media.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan penelitian dengan melibatkan responden 10 ribu mahasiswa Unjani dari jumlah keseluruhan yang mencapai 16 ribu.

Selain itu, Ketua Program Studi, para dosen dan dekan juga turut dilibatkan sebagai responden.

“Dari hasil penelitian ini, Universitas Jenderal Achmad Yani merasa bahwa kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini sangat positif dan harus diteruskan. Karena program ini mendekatkan antara dunia perguruan tinggi yang berbasis teori dengan dunia industri tempat mereka akan bekerja,” ujarnya.

Hikmahanto menyampaikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebenarnya telah diterapkan di Unjani khususnya untuk Fakultas Kedokteran.

Menurutnya, mahasiswa Kedokteran belajar di kampus selama 4 tahun, kemudian menjalankan program magang di Rumah Sakit selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar dokter.

“Saya berharap bahwa seluruh program studi di lingkungan Unjani menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Saya sangat berharap kepada seluruh Ketua Prodi yang ada di lingkungan Unjani dapat mengimplementasikan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini memiliki sejumlah manfaat diantaranya para mahasiswa mempunyai pengalaman bila nanti turun langsung ke dunia kerja.

Para mahasiswa, kata dia, juga dapat memilih untuk belajar di kampus lain yang juga menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Misalnya di kampus lain ada mata kuliah tertentu sedangkan di Unjani matakulia tersebut tidak ada, mahasiswA bisa ambil mata kuliah itu disana. Mereka juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Selain itu, Karena Unjani berada dibawah naungan TNI Angkatan Darat maka para mahasiswa dapat berkesempatan melaksanakan magang di institusi militer yang tak bisa didapat kampus lain,” tandasnya. (*)


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format