TMMD Majalengka Buka Akses Jalan, Roda Perekonomian Jadi Lancar


DEJABAR, MAJALENGKA – Senyum dan keceriaan warga Desa Buninagara, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, mulai terpancar setelah melihat jalan di desanya kini tengah dalam tahap pengerjaan pengaspalan.

Respons positif dari kebahagian warga Desa Buninagara itu merupakan bentuk apresiasi terhadap para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD yang kini tengah berjibaku membuka akses jalan di wilayah desa tersebut.

Pembangunan jalan yang dilakukan oleh anggota Satgas TMMD yang bergotong royong bersama warga setempat, merupakan bagian salah satu program TMMD ke-112 Kodim 0617/Majalengka, tahun 2021 yang memasuki hari ketiga pasca pembukaan pada 15 September 2021 yang lalu.

Danramil 1706/Bantarujeg, Kapten Inf Nana Rusmana mengatakan, bahwa kegiatan TMMD ke-112 bertajuk “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini menyentuh seluruh aspek.

Baik sasaran fisik mupun nonfisik. Menurut dia, desa sebelumnya jalannya tak mulus, dirombak menjadi beraspal/membuka akses jalan. Rumah tidak layak huni (RTLH) dibedah, pembangunan mushola, pos kamling dan drainase serta pembangunan lainnya.

Danramil menyampaikan, bahwa hasil dari program TMMD tersebut, bisa dinikmati sebagai wujud pembangunan bersama. Seperti pembangunan jalan yang sebentar lagi bisa dinikmati masyarakat.

“Kegiatan TMMD juga sekaligus menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta kebersamaan kepada masyarakat,” tutur danramil Kapten Inf Nana Rusmana, Sabtu (18/9/2021).

Danramil berharap dengan dibangunnya jalan desa, sarana pertanian dan normalisasi sungai drainase, maka insfrastruktur semakin membaik sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat setempat.

“Juga bisa meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa serta memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Buninagara, Asep Sukmawan mengungkapkan, bahwa pembangunan jalan aspal tersebut bakal mempermudah akses transportasi, seperti untuk pengangkutan hasil pertanian.

Bahkan, kata dia, minat warga berolahraga juga bakal tumbuh. Seperti bersepeda atau jalan santai ketika pagi di jalan baru. “Jalan beraspal ekonomi lancar dan kami menilai bahwa program TMMD ini memberikan kontribusi secara nyata dan terintegrasi,” jelasnya. (*)