TMMD Tak Sekadar Membangun Desa, TNI Hadir Bersama dan Kuatkan Rakyat


DEJABAR, MAJALENGKA – Masyarakat Desa Buninagara, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, memuji sifat ringan tangan anggota Satgas TMMD ke-112 yang dalam membantu warga.

Anggota Kodim 0617/Majalengka yang tergabung dalam Satgas TMMD cepat tanggap membantu jika warga membutuhkan bantuan. Tanpa diminta, mereka sigap membantu meski itu bukan bagian dari kegiatan TMMD.

Seperti ketika warga sedang mengangkut batu. Satgas TMMD dengan cepat membantu mengangkat batu tersebut. Begitu juga di sela waktu senggang mereka, Satgas TMMD dengan suka rela membantu warga dalam aktivitas sehari-hari.

“Kami sangat berterima kasih dan masyarakat kami sangat terbantu. Satgas TMMD tidak hanya fokus pada kegiatan TMMD, tetapi juga membantu dalam kegiatan masyarakat,” kata Kepala Desa Buninagara, Asep Sukmawan, Rabu (6/10/2021).

Masyarakat terharu dengan kehadiran prajurit TNI dalam kegiatan TMMD di wilayah mereka. Manfaatnya sangat besar karena tidak hanya dari sisi infrastruktur, tetapi juga menimbulkan kebanggaan bagi masyarakat.

Kegiatan ini menimbulkan rasa bangga bagi masyarakat. Menurut dia, kehadiran TNI membuat mereka semakin dekat dengan masyarakat dan menjadi pengayom yang dibanggakan.

“Kita semua bisa melihat bagaimana masyarakat kami antusias membantu kegiatan TMMD ini dan menyambut kehadiran Satgas TMMD. Ini bukti masyarakat kami sangat bangga dengan TMMD,” ujarnya.

Dan SSK TMMD ke-112 Kodim 0617/Majalengka, Kapten Inf Dadang Purnoma menjelaskan, jalinan silaturahmi dengan warga tak hanya dilakukan saat mengerjakan sasaran fisik maupun non fisik pada program TMMD saja.

“Melainkan, di luar pada kegiatan tersebut, sudah sepatutnya kita sebagai prajurit TNI harus saling membantu dan bergotong royong untuk meringankan beban warga yang sedang membutuhkan bantuan,” ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, banyak manfaat yang diperoleh, baik bagi prajurit TNI maupun bagi masyarakat itu sendiri. Pasalnya, kata dia, ini sebagai bukti bahwa TNI hadir untuk rakyat.

“Komunikasi dengan masyarakat sangat penting. Baik dalam setiap pelaksanaan TMMD maupun diluar kegiatan itu sendiri. Karena dengan komunikasi dan bergotong royong bisa menciptakan kedekatan atau kemanunggalan merupakan rohnya kegiatan TMMD tersebut,” jelasnya. (Jfn)