Unik, Pria Asal Cirebon ini Koleksi Ribuan Benda Kuno


0

DEJABAR.ID, CIREBON – Mengoleksi benda-benda kuno dan antik tentunya mempunyai kepuasan sendiri. Apalagi, benda-benda tersebut cukup langka, susah didapat, serta memiliki nilai historis yang tinggi. Tentunya hal tersebut bisa dijadikan hal yang tak ternilai harganya. Seperti yang dilakukan oleh pria asal Cirebon ini, yang mengoleksi ratusan, bahkan ribuan benda-benda kuno.

Raden Reza atau yang akrab disapa Kang Reza, memiliki ribuan koleksi benda-benda kuno yang tersimpan di kediamannya di jalan Wahidin Kota Cirebon. Beberapa koleksinya seperti arca, batu, keris, gamelan, mobil antik, prasasti, dan lain-lain. Semua benda-benda tersebut dipajang di rumahnya yang bergaya arsitektur Cirebon era Kesultanan.

Kang Reza menceritakan, awal mula ketertarikannya terhadap benda-benda kuno adalah sejak sekolah. Saat itu, ada beberapa koleksi benda-benda kuno milik ayahnya, seperti keris. Dari situ dia berpikir, bahwa keris zaman dulu bisa awet ratusan tahun hingga sekarang, serta memiliki detail-detail yang rumit. Padahal, keris zaman dulu terbuat dari besi dan belum ada mesin secanggih sekarang.

Sebaliknya, keris-keris yang dibuat zaman sekarang lebih mudah rusak. Padahal, sudah ada mesin-mesin berteknologi canggih dalam pembuatannya. Dan juga, detailnya tidak sebagus zaman dulu.

“Dari situ saya berpikir, berarti orang zaman dulu mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang-orang zaman sekarang,” jelasnya saat ditemui di kediamannya di Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Sabtu (6/7/2019).

Kang Reza melanjutkan, akhirnya dari situlah, dia mulai mengoleksi benda-benda kuno. Karena menurutnya, benda-benda tersebut akan rusak dan punah jika tidak dilestarikan. 

“Pernah dibilang kayak orang tua karena mengoleksi benda-benda kuno. Padahal, saya berpikir kalau benda-benda tersebut mempunyai nilai historis yang luar biasa,” tuturnya.

Dalam mendapatkan benda-benda kuno tersebut, lanjutnya, Reza berkeliling di wilayah Cirebon, luar Cirebon, bahkan sampai ke luar negeri, seperti Belanda. Dirinya menjelaskan, di Belanda justru banyak terdapat benda-benda kuno yang berasal dari Indonesia. Karena kemungkinan dulunya benda-benda tersebut hasil rampasan perang yang kemudian dibawa ke negeri Belanda.

Diakui Reza, dirinya berkeliling baik di toko, rumah penduduk, maupun tempat lainnya untuk mendapatkan benda-benda kuno yang belum banyak orang punya. Dan sekitar 70% benda-benda kuno miliknya berasal dari Cirebon.

“Yang paling tua ada Al Qur’an yang terbuat dari daun lontar yang sudah berusia ratusan tahun. Saya mendapatkannya karena ada orang yang mengamanatkannya ke saya untuk dijaga. Tapi nantinya akan saya sumbangkan ke museum Alquran, supaya jadi edukasi,” tuturnya.

Kang Reza mengakui, dirinya sempat menemui beberapa kendala dalam mendapatkan benda-benda kuno, seperti perizinan. Karena benda-benda bersejarah tersebut tidak sembarang orang untuk mendapatkannya.

Ada juga beberapa barang yang diminta untuk dikembalikan ke keraton. Tapi dirinya tidak memberikannya, karena takut tidak terjaga. Selain itu, ada juga yang berniat membelinya. Tapi, dirinya tidak mau menjualnya.

“Tujuannya buat dikoleksi bukan untuk dijual. Karena harganya tak bisa dinilai dengan uang,” pungkasnya.(Jfr)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format