Viral Video ‘Ritual’ Amankan Pelantikan Presiden, Nyi Roro Kidul Jadi Trending Topic


dejabar.id – Aksi pria paruh baya melakukan ritual di Gedung Nusantara V Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, ramai menjadi perbincangan hangat warganet. Pria itu diketahui bernama Ki Sabdo.

Dari video viral di media sosial yang diunggah Rabu (16/10/2019), dalam video tersebut Ki Sabdo yang berpakaian serba hitam duduk bersila sambil memejamkan mata di area Gedung DPR. Ia seperti tengah berdoa.

Saat ditanya oleh perekam video, Ki Sabdo mengaku sedang melakukan gladi bersih jelang pelantikan pemimpin RI terpilih Joko Widodo-Maruf Amin pada Minggu (20/10/2019) mendatang.

“Saya lagi ritual terakhir di gedung DPR ini, gladi bersih gitu, jadi aku udah ngecek tetua saya disini, mulai Ratu Roro Kidul terus jin kayangan dan lain-lain sudah ada di dalam maupun sekitarnya, jadi untuk mengamankan tanggal 20 pelantikan Joko Widodo,” kata Ki Sabdo dalam video tersebut.

Ki Sabdo menyebut, pelantikan Jokowi-Ma’ruf mesti mendapat pengamanan spiritual. Untuk itu, ia turun tangan.

“Saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual, ini yang saya taruh di sini komplet sudah mulai dari Nyi Roro Kidul, Nyai Blorong, jin kayangan, dan lain-lain. Jadi mantap sudah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ki Sabdo menyebut pelantikan Jokowi akan berjalan lancar tanpa halangan. Bila ada kerusuhan, ia siap mengatasinya.

Sementara saat ditanya alasan melakukan ritual di Gedung DPR, ia hanya mengaku ingin menjamin keamanan Indonesia.

“Saya datang untuk mengamankan Republik Indonesia, NKRI supaya utuh tidak ada perpecahan,” tandasnya.

Warganet menyorot Nyi Roro Kidul yang diundang ke gedung DPR/MPR untuk mengamankan pelantikan Presiden.

Keyword Nyi Rodo Kidul pun sempat trending topic urutan 4 di Twitter Indonesia pada Sabtu (19/10). Tak kurang dari 2.770 cuitan memperbincangkan Nyi Rodo Kidul.

Sementara itu, diberitakan detik.com, menanggapi video yang beredar, pimpinan MPR menegaskan koordinasi pengamanan hanya dilakukan bersama TNI, Polri, dan BIN. MPR menegaskan tidak melibatkan dukun.

“Untuk menjaga keamanan Pimpinan MPR mengundang untuk koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN, Setneg, dan aparat terkait, bukan dengan dukun atau ahli magic,” kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat dimintai tanggapan, Jumat (18/10/2019), dikutip dari detikcom.

Jazilul mengaku tak tahu bagaimana pria yang mengaku bernama Ki Sabdo itu bisa masuk dan melakukan ‘ritual’ di gedung DPR. Menurutnya, DPR adalah rumah rakyat yang bisa dimasuki siapa saja. Ia mengakui, terkadang petugas kurang teliti mengecek maksud dan tujuan orang-orang yang datang ke kompleks parlemen.

“Saya tidak tahu (bagaimana bisa masuk), sebab yang tanggung jawab itu Pamdal/pengamanan dalam gedung DPR/MPR. Setahu saya Pamdal tidak melibatkan dukun, pengusir jin, dan Nyai Roro Kidul. DPR sebagai rumah rakyat siapapun bisa masuk, terkadang petugas kurang teliti menanyakan maksud dan tujuan tamu yang masuk,” ujar Jazilul.

Siapa Nyi Roro Kidul?

Dilansir dari Wikipedia, Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali.

Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun beberapa kalangan sebenarnya keduanya berbeda.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain. Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Dalam perkembangannya, masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun dalam kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

Sumber: suara.com, pojok satu.id, detikcom