Waspada Virus Corona, BIJB Kertajati Pindai Suhu Tubuh Penumpang


Dejabar.id, Majalengka – Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) BIJB, Ibut Astono mengatakan, saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Bandung.

Kerjasama antara BIJB Kerajati, Majalengka, dengan KKP tersebut, untuk menyiapkan alat Thermal Scanner atau pemindai suhu tubuh untuk mengantisipasi masuknya virus Corona atau Novel Coronavirus (nCov).

“Alat itu berfungsi untuk mengetahui suhu tubuh. Kalau di atas 37,5 derajat Celcius, kita warning,” kata Ibut Astono, Selasa (28/1/2020).

Ibut menjelaskan, saat ini alat tersebut, telah dipasang di pintu masuk kedatangan penumpang dari luar negeri (Internasional). Tak hanya itu, kedepannya, kata dia, pihaknya juga telah mengintruksikan kepada KKP agar dipasang di pintu masuk kedatangan penumpang domestik.

“Ini kita lakukan untuk mengantisipasi adanya yang terjangkit virus Corona masuk ke wilayah Jawa Barat, khusunya Majalengka,” jelasnya.

Menurut Ibut, bagi penumpang yang didapati suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat, diminta untuk masuk ke ruang isolasi yang sudah disediakan dan di ruang tersebut, petugas KKP akan melakukan pemeriksaan pada penumpang yang bersangkutan.

“Di isolasi itu, kita deteksi dan kita pastikan tidak terjangkit atau membawa penyakit,” katanya.

Jika diduga terjangkit virus Corona, Ibut menegaskan, nantinya penumpang tersebut akan dirujuk untuk menjalani pemeriksaan lanjut di Rumah Sakti Daerah (RSUD) Cideres dan RSUD Majalengka atau rumah sakit terdekat.

Kendati demikian, dijelaskan dia, bahwa hingga saat ini belum ada penumpang pesawat yang datang melalui BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, yang terjangkit virus Corona tersebut.

Selain itu, Ibut menambakan, bahwa pihaknya juga telah mensosialisasikan maupun menjelaskan kepada setiap penumpang BIJB, terkait dalam penanganan virus Corona.

“Kita telah lakukan sosialisasi bersama pihak KKP kepada para penumpang, soal penanganan virus Corona tersebut dan kepada para karyawan maupun petugas BIJB, kami juga himbau agar selalu mengenakan masker untuk mengantisipasi adanya penumpang yang terjangkit virus tersebut,” tandasnya. (jja)