Amankan Pilkades Serentak, Polres Subang 'Dibackup' Ratusan Personel dari Polres Tetangga


 
DEJABAR.ID, SUBANG – Untuk memperkuat personel pengamanan demi terciptanya kondisi aman, tertib dan kondusif pada pelaksanaan pemilihan kepada desa (Pilkades) pada 5 Desember 2018, Polres Subang meminta bantuan ratusan personil dari Polres Tetangga seperti Polres Indramayu,Majalengka,Sumedang dan Purwakarta serta Karawang
Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni usai mengikuti rapat koordinasi Pilkades Serentak di ruang rapat Bupati, Senin (3/12/2018), membenarkan pihaknya meminta dukungan anggota atau bantuan pengamanan dari polres terdekat seperti Majalengka, Indramayu, Karawang, Sumedang dan Purwakarta.
“Ya kita akan meminta bantuan dari Polres tetangga masing-masing 100 personil, “ujarnya.
Beberapa hari sebelumnya, Kapolres Subang bersama perwira lain terus melakukan pengecekan langsung ke setiap desa yang menyelenggarakan pemilihan.
Bahkan pada hari H jajarannya yang bertugas harus mengecek satu persatu dengan diawali gladi singkat. Apalagi di daerah yang dianggap rawan pelaporannya akan kontinyu dan bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan agar segera ditangani dan ditindak.
Kapolres pun mengingatkan seluruh anggota untuk menjaga netralitas, jangan sampai terlibat politik praktis karena tidak menutup kemungkinan ada diantara peserta Pilkades dari anggota dan keluarganya.
“Skala pelaksanaan Pilkades memang lebih kecil dibandingkan dengan Pilkada, namun mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi sehingga membutuhkan pengamanan yang ekstra agar proses pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ungkap Joni.
Sementara itu Dandim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono melalui Kasdim, Mayor Inf. Zaenal Mutiqin pihaknya juga telah siap membantu Porles untuk pelaksanaan Pilkades dengan mengerahkan 330 personil untuk mengamankan dan ditambah dari Yonif 312 Kala Hitam sebanyak 1 SSK, Lanud Suryadarma 1 SSK, Paskhas 1 SSK dan 1 SSR Subdenpom.
Pada rapat yang dipimpin langsung Plt. Bupati Subang, H. Ating Rusnatim menjelaskan kalau Pilkades Serentak ada di 165 desa dengan jumlah 551 calon kepala desa dari 28 kecamatan dengan jumlah TPS 536.
“Kita semua berharap pada saat pelaksanaan hingga selesainya tahapan pilkades serentak para calon kades sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusip, namun tetap harus diantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,“ katanya.
Untuk ini, semua jajaran yang terlibat terutama para Camat agar berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakatnya untuk menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya. Termasuk koordinasi lebih diintensifkan dengan unsur muspika setempat dan pada pelaksanaannya akan mengadakan monitor.(Ahy)