Press ESC to close

APDESI Boikot Program PTSL 2018 di Kabupaten Tasikmalaya

  • December 26, 2018

DEJABAR.ID, TASIKMALAYA-Ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kab Tasikmalaya, mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tasik di Jalan Raya Cintaraja Singaparna, Rabu (26/12/2018).
Mereka mendatangi Kantor BPN, untuk meminta kejelasan tentang regulasi peraturan PTSL yang sudah memakan korban 1 kepala desa yang belum lama ini di tahan kepolisian karena terbukti melakukan pungli terkait PTSL tersebut.
Selain melakukan aksi demo, para Apdesi juga melakukan audiensi dengan pihak BPN Kab Tasik. Dari hasil audiensi tersebut, mereka meminta Kepala BPN bertanggungjawab atas ditangkapnya Kades Cintaraja juga mereka mengultimatum BPN dengan cara memboikot program PTSL 2018.
Hal tersebut seperti yang diungkapkan Waketum Apdesi, Harun kepada media usai melakukan audiensi. “Kita akan boikot program PTSL 2018, kita limpahkan penyelesaiannya kepada BPN. Dan untuk Kepala BPN kita minta menggantikan teman kita Kades Cintaraja, karena semua terjadi atas kebijakan BPN,” ungkapnya.
Ia menambahkan pemboikotan PTSL tersebut akan terus dilakukan sebelum Perbub dibuat. Karena menurutnya para kades berpegang pada Perbub tersebut. “Ya sebelum ada Perbub, kita tidak akan meneruskan program ini,” tambahnya.
Sementara, Kepala BPN, Achdiar, mengatakan, untuk Perbub sudah diajukan ke Pemkab namun ketika itu masih ada halangan. “Ya waktu itu kita sudah mengajukan, hanya saja pan bupatinya ikut nyalon jadi Wagub, sementara Plt juga tidak bisa harus nunggu dilantik, jadi kami sudah berusaha,” ungkapnya.
Ditanya tentang kasus yang melilit Kades Cintaraja, ia mengatakan akan bertanggungjawab. “Untuk hal itu, kami tanggungjawab, namun untuk yang pembayaran 150rb itu sudah sesuai dengan SKB 3 mentri, nah jika ada lebihnya, itu mungkin ada kesepakatan antara kades dan warga,” tandasnya. (Ian)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *