Aster Panglima TNI, Puji Sereh Wangi Sugih Mukti Berdayakan UMKM hingga Dongkrak Ekonomi Daerah


DEJABAR, MAJALENGKA – Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Sapriadi, mengapresiasi langkah Kodim 0617/Majalengka yang turut memperdayakan masyarakat dalam bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ‘Sereh Wangi Sugih Mukti’.

Hal tersebut, lantaran program Sereh Wangi Sugih Mukti yang digagas oleh Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto itu, dapat memberikan perlindungan serta mendorong pemulihan UMKM di masa pandemi.

Dari program tersebut lahir berbagai produk herbal berbahan alami. Seperti, wedang uwuh sugih mukti, minyak angin, pewangi pakaian, pewangi ruangan, pembersih lantai dan hand sanitizer serta lainnya.

Program yang merupakan kerjasama antara Kodim 0617/Majalengka dengan Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka) yang didalamnya melibatkan masyarakat setempat, sehingga sekaligus bisa menjadi wadah bagi para petani di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Kami puas dan bangga dengan apa yang dikerjakan program Kodim 0617/Majalengka ini. Apalagi, saya telah melihat secara nyata program Sereh Wangi Sugih Mukti milik binaan Kodim 0617/Majalengka,” ungkap Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Sapriadi kepada TIMES Indonesia.

Dia menyebut, bahwa program tersebut selain dapat menyehatkan rakyat, juga sekaligus dalam rangka mendukung sinergitas pelaku usaha dengan pemerintah untuk menyukseskan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Program Kodim 0617/Majalengka yang didukung oleh Pemda Majalengka ini, berisikan aksi nyata menjawab masalah iklim, lingkungan dan masyarakat. Antara lain dengan menekankan iklim positif, lanskap yang berkembang, kemajuan inklusif dan pertumbuhan berkelanjutan,” jelasnya.

Seperti diketahui, bahwa sentra produksi Sereh Wangi Sugih Mukti sendiri berada di Desa Banyureja, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka atau berada sebelah timur dari pusat Kota Majalengka dan saat ini sudah berkembang Produksinya di Desa Pilangsari Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Pabrik penyulingan, penanaman sereh wangi ratusan ha serta pembuatan pakan ternak sapi/kambing dari limbah daun sereh wangi

Aster Panglima TNI beserta rombongan meninjau langsung ke lokasi yang dijadikan tempat memproduksi herbal Sereh Wangi Sugih Mukti yang terbuat dari rempah – rempah alami tersebut, pada Senin 4 Oktober 2021. (Jfn)