Bantu Ekonomi Keluarga, Ibu-Ibu Ini Dapat Pelatihan Menjahit


DEJABAR.ID, MAJALENGKA – Puluhan ibu rumah tangga di Desa Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, megikuti pelatihan ketrampilan menjahit dasar yang diadakan oleh pemerintah des setempat.
Kegiatan tersebut dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat agar para ibu rumah tangga di Desa Ligung Lor, bisa memanfaatkan peluang, seiring berdirinya beberapa pabrik garmen yang pastinya akan membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit.
“Untuk membimbing kegiatan pelatihan menjahit dasar teraebut, kami sengaja menghadirkan seorang penjahit kawakan yang ada di desanya kami sendiri, agar nantinya bisa menjadi seorang penjahit yang handal,” kata Kepala Desa Ligung Lor, Suntana, Jumat (30/11/2018).
Menurut dia, pelatihan menjahit dasar ini, tujuan utamanya agar masyarakat khususnya para kaum ibu yang ada di Desa Ligung Lor, bisa memanfaatkan peluang usaha yang bisa menghasilkan uang dan pekerjaannya bisa dilaksanakan di rumahnya masing masing.
“Ini kan bisa bekerja sambil mengurus keluarga, tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” ungkapnya.
Selama menjalani pelatihan menjahit dasar, lanjut dia, semua fasilitas disediakan oleh pemerintahan desa. Mulai dari kain, mesin obras, mesin jahit serta sablon semuanya sudah disiapkan, sehingga para peserta tinggal memanfaatkan pasilitas yang sudah tersedia.
“Semua pasiltas kebutuhan untuk jahit menjahit sudah disediakan, peserta tinggal menyiapkan saja mental usahanya dengan baik. Sehingga nantinya bisa menjadi penjahit yang handal,” tegasnya.
Sementara, untuk mengkaper kegiatan tersebut, pihaknya sengaja mengalokasikan dana yang cukup lumayan. Semuanya sudah diplot melalui sumber dana dari Dana Desa (DD) triwulan tiga yang baru saja dicairkan.
“Jadi sekarang masyarakat khususnya para kaum ibu tinggal memanfaatkan saja pasiltas yang telah disediakan pemerintah desa. Jangan sampai program ini yang sudah dibiayai oleh kami tidak dimanfaatkan dengan optimal,” kata Kades Suntana.
Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan menjahit dasar, Leha mengaku tertarik program yang diadakan desanya itu. Dan ia pun akan mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Ligung Lor, yang telah mengadakan kegiatan pelatihan menjahit ini. Saya akan serius mengikuti pelatihan ini. Mudah-mudahan nantinya bisa menjadi peluang usaha dan bisa membantu ekonomi keluarga,” tandasnya. (jja)