DEJABAR.ID, BANDUNG-Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (Bappeda), Yuke Septia Agustin, mengatakan akan terus mendengarkan keluhan warganya, baik melalui online ataupun offline.
“Melalui ofline kita menerima warga yang memberikan keluhan melalui surat sedangkan online kita melalui aplikasi,” ujarnya saat ditemui reporter Dejabar pada acara Japri, Kamis (28/3/2019).
Yuke menjelaskan melalui online ada satu aplikasi yang dibuat untuk pengaduan warga, salah satunya Aplikasi Warna.
Aplikasi ini merupakan pergantian dari SMS Membangun yang kala itu warga Jawa Barat masih belum menggunakan Smartphone.
Dalam aplikasi warna ini ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada masyarakatnya untuk memberikan pendapatnya yaitu sejauh mana pentingnya didirikan permintaan pembangunan sekolah, permintaan pembangunan puskesmas dan permintaan perumahan. Sementara dua point lagi para warga disuruh memberikan masukan terkait hal apa yang diinginkan oleh warganya.
“Aplikasi ini kita tujukan untuk menampung aspirasi warga kita,” lanjutnya.
Yuke juga menjelaskan walaupun banyak aplikasi yang dicipatkan tetap saja semua masih dikoordinir karena semua bagian memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing.
“Walaupun banyak aplikasi seperti Jabar Quick Respon dan lain-lain kita pastikan semua permintaan warga kita dengarkan,” tambahnya.
Aplikasi ini dapat didownload diplaystore atau melalui website yang ada di humas Jawa Barat.(Eca)
Leave a Reply