Bios 44 DC Dikenalkan ke Petani Padi di Majalengka


DEJABAR, MAJALENGKA – Koramil 1702/Maja, Kodim 0617/Majalengka, mulai menggarap lahan pertanian yang dijadikan lahan percontohan bagi petani, dimana lahan demplot tersebut menggunakan Bios 44 DC.

Dimulai dari pengolahan lahan dan menyemprotkan Bios 44 DC serta dilanjutkan dengan penanaman bibit padi di area lahan pesawahan seluas 800 m2 milik Ghani Prayoga, petani asal Desa Malongpong, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1702/Maja Kapten Inf Sarna mengatakan, kegiatan tersebut selain untuk mendampingi para petani dalam menggarap lahan mereka, juga untuk mensosialisasikan Bios 44 DC.

“Kegiatan ini merupakan pendampingan kepada para petani, sekaligus untuk memperkenalkan Bios 44 DC yang merupakan senjata baru katahanan pangan milik Kodim 0617/Majalengka,” Ungkap Danramil, Selasa (25/8/2020).

Menurut Danramil, Bios 44 DC tersebut, sudah terbukti bisa meningkatkan hasil pertanian, pernakan dan perikanan hingga dapat menyuburkan lahan tandus menjadi lahan produktif.

“Kita akan berikan pendampingan dari masa pengolahan lahan hingga masa panen dan ini bentuk konsistensi kita untuk selalu mendampingi petani dalam rangka meningkatkan hasil pertanian mereka yang berujung pada kesejahteraan para petani dan tercipta ketahanan pangan nasional,” Harap dia.

Seperti diketahui, bahwa Bios 44 DC merupakan mikro organisme yang memberikan banyak manfaat. Seperti meningkatkan kesuburan tanah sehingga bisa mempercepat panen.

“Menggunakan Bios 44 DC membuat hasil pertanian tidak terkontaminasi dengan zat kimia, sehingga lebih memberikan kesehatan kepada tubuh manusia,” ucapnya.

Dia menyebutkan, semula Bios 44 DC untuk mengatasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan yang didominasi lahan gambut. Namun, dikembangkan untuk pertanian dalam meningkatkan produksi.

Bios 44 DC ini bisa digunakan di lahan bekas tambang, kebakaran dan lahan tandus yang bisa menjadi lahan subur dan meningkatkan produksi pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Bios 44 DC bukan kompetitor dari produk lain namun pelengkap yang bisa menyelesaikan banyak persoalan,” sebut dia. (Jfn)