BPK Bakal Laporkan Bentjok Terkait Kasus Jiwasraya


0

JAKARTA, Dejabar.id -Tudingan Terdakwa Benny Tjokrosaputro (Bentjok) yang mengarah ke pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapat sambutan kurang menyenangkan, tak pelak BPK pun akan melaporkan Bentjok ke Polisi atas pencemaran nama baik terkait dugaan lembaga audit itu yang menyebut melindungi Grup Bakrie dalam pusaran kasus Jiwasraya.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna menilai bahwa yang disampaikan Bentjok tuduhan yang tidak mendasar, karennya dia berencana akan mempolisikan Bentjok atas perbuatan tak menyenangkan terhadap pimpinan lembaga BPK.

“Kami umumkan apa yang disampaikan tuduhan (Bentjok) itu tidak berdasar, kami akan secara resmi melaporkan atas perbuatan hukum Bentjok ke Mabes kriminal, Mabes Polri,” tegas Agung dalam Konfrensi Pers di kantornya, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Agung menilai apa yang disampaikan Bentjok telah menganggu kridebilitas lembaga negara, meski dia memahami ketika seseorang sedang dalam proses hukum, menjadi tidak nyaman. Pihaknya pun sangat menghormati proses penegakan hukum, sehingga tidak akan masuk ke substansi yang saat ini telah menjadi ranah pengadilan.

“Kami memahami, bahwa tidak ada satupun manusia yang nyaman diperiksa apalagi harus berhadapan dengan aparat penegak hukum, mengikuti proses peradilan, lebih lagi jika sampai berstatus terdakwa,”tutur dia keterangan persnya.

Meski demikian kata dia, BPK mendukung langkah Kejaksaan dalam mengungkap kasus ini, pasalnya kasus ini tidak hanya kerugian negara, bisa juga kerugian perekonomian. Pihaknya pun sedang melakukan proses Perhitungan Kerugian Negara (PKN). Sebagai proses penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung.

“Dari ekspose terhadap kasus Jiwasraya oleh Kejaksaaan, BPK berkesimpulan konstruksi perbuatan melawan hukumnya jelas dan telah didukung bukti permulaan yang memadai, dan oleh karena itu PKN-nya dapat dilakukan,” tutur dia.

Tentu saja, ucap Agung, PKN baik secara substansi maupun prosedur merupakan bagian dari pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dan menjadi wewenang BPK.

“Dengan demikian PKN dilakukan dengan menerapkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) secara ekstra ketat,” tegasnya.

Sebelumnya Bentjok mengaku dirinya merasa dikambing hitamkan oleh pihak-pihak tertentu dalam pusaran Korupsi PT. Asuransi Jiwasraya, yang membawanya ke kursi pesakitan, sebelum sidang beragenda putusan sela oleh majelis hakim pada Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta, Rabu 24 Juni 2020.

Bos PT Hanson International Tbk menuding, dakwaan Jaksa Penuntut Umum tidak mengungkap secara jelas hasil audit investigasi dari BPK, yang hanya mulai tahun 2008 hingga 2018. Padahal, kata Benny, pada periode sebelumnya antara tahun 2006-2008 diduga ada saham-saham perusahaan Group Bakrie.

“Jadi, ada yang bolong 2006 anda juga sudah tau. Saya kan dijadikan kambing hitam, kalau kambing hitam diangkut tukang becak juga nga laku,” kata Benny yang kerap disapa Bentjok.

Karenanya, dia menyanggah dakwaan jaksa, yang menyebutkan, dia yang mengatur investasi Jiwasraya. Namun anehnya sebut Bentjok, dalam dakwaan itu tidak dijelaskan yang dimaksud mengatur seperti apa.

“Yang bolong 2006 yang anda tau siapa, Bakrie, (siapa) Bakrie. Kenal aja ngga, dakwaan Jaksa seakan-akan semua saham saya yang mengatur. Coba anda pikir nama perusahaan PT Bakrie masa yang mengatur saya,” cetusnya.

Karenanya dia menduga ada pihak-pihak yang melindungi Grup Bakrie, dia menduga Ketua BPK serta Wakil Ketua BPK ikut melindungi. Untuk diketahui, saat itu yang menjabat Ketua BPK  adalah Agung Firman Sampurna, dan Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono.

“Yang nutupin kan BPK, Ketua sama Wakil Ketua. Harusnya (audit Investigasi) terbuka dong, kalau tidak mau terbuka biar masyarakat ikut bantu buka, jangan nutupi dong. Bakrie dilindungi, sama…,” tegas Bentjok ketika di wawancara wartawan, dia buru-buru ditarik Jaksa untuk keluar ruang sidang. []


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format