Bupati Majalengka Minta BPD Harus Bersinergi dengan Desa


DEJABAR.ID, MAJALENGKA – Bupati Majalengka, Karna Sobahi melantik 1793 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tahun 2019, se-Kabupaten Majalengka, di lapang tenis out door, Setda Majalengka, Rabu (31/7/2019).

Pelantikan dan pengambilan Sumpah janji tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Majalengka Nomor : 141/Kep.522-TAPEM/2019 tentang peresmian anggota badan permusyawaratan desa di Kabupaten Majalengka.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi dalam sambutanya menjelaskan, kegiatan tersebut, pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Menurut Bupati, bahwa pelantikan BPD dilaksanakan secara bersamaan dan kolektif dan kebiasaan ini merupakan tradisi yang baik.

Sekaligus mengindikasikan bahwa Kabupaten Majalengka layaknya sedang bergotong-royong, bersatu senang bersama, senang bersinergi dan senang bersilaturahmi.

“BPD adalah mitra desa bukan oposisi kerja yang harus bersinergi berdiskusi serta sejajar dalam dinamika pembangunan di desa,” katanya.

Salah satu tugas pokok BPD adalah kata dia, menampung aspirasi dan menyampaikannya kepada pengambil kebijakan kepala desa jangan ada sumbatan komunikasi antara rakyat dengan desa.

“BPD harus mendorong kepada pemerintahan desa untuk transparansi tata kelola manajemen pemerintahan pertanggungjawaban, akuntabilitas serta harmonisasi antara desa dan BPD harus dijaga,” tuturnya.

Sementara itu, Assiten Pemerintah Setda Majalengka, Aeron Randi mengungkapkan, bahwa kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota BPD ini dilaksanakan sesuai dengan kompeten dan SDM dari anggota BPD yang dilakukan oemilihan ditiap desa

“Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dilakukan guna menunjang program pemerintah ditiap desa masing-masing sekaligus mendukung terwujudnya visi Kabupaten Majalengka yang Raharja,” jelasnya. (jja)