Caleg di Majalengka Didominasi Wajah Lama


DEJABAR.ID, MAJALENGKA-Pemilu Legislatif 2019 mendatang ternyata masih dipenuhi wajah-wajah lama. Dari sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Majalengka periode 2014-2019, hampir 47 orang kembali mengikuti pemilihan anggota Legislatif tahun 2019.
Dengan demikian, hanya 3 anggota DPRD yang tidak maju sebagai calon legislatif tahun depan.
Namun, dari 47 anggota dewan tersebut, ada yang masih tetap mencalonkan di DPRD Majalengka dan ada juga yang naik kelas mencalonkan di DPRD Provinsi serta ada juga yang pindah Daerah Pemilihan (Dapil).
Sementara untuk anggota DPRD Majalengka yang tidak lagi nyalon di Pileg 2019. Diantaranya, Dony Rambitan dari Fraksi PDI Perjuangan, Entin Suhartini dari Fraksi Gerindra dan Nana Heryana dari Fraksi PPP.
Anggota DPRD yang tidak nyaleg lagi tersebut, didasari berbagai alasan. Mulai dari yang diganti oleh kerabatnya (yang nyaleg suaminya) ada yang tidak dicalonkan partainya serta ada juga yang ingin fokus usaha.
Seperti diungkapkan Nana Heryana misalnya, pihaknya memilih untuk lebih fokus menjalankan usaha dan bisnisnya.
Dia mengaku keteteran untuk membagi waktu dan konsentrasi antara usahanya dengan tugasnya sebagai wakil rakyat di parlemen.
Sehingga, dirinya memilih untuk tidak ingin memperpanjang masa jabatanya sebagai anggota DPRD Kabupaten Majalengka, pada periode berikutnya.
Sementara itu, untuk anggota DPRD yang naik kelas ke tingkat Provinsi. Ada dua orang, yakni Dadan Daniswan dari Golkar, dan Deden Hardian Narayanto dari PKS.
Mereka sudah dua periode menjadi anggota DPRD Kabupaten dan mencoba peruntungan dengan menjadi legislator setingkat di atasnya.
Sedangkan, anggota DPRD Majalengka yang ingin uji peruntungan dengan pindah daerah pemilihan. Yakni, Sudibyo BO, yang tadinya mewakili Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Majalengka, Panyingkiran, Kadipaten, Dawuan dan Kasokandel. Kini pindah ke Dapil II yang meliputi wilayah Kecamatan Jatitujuh, Kertajati, Ligung dan Jatiwangi.
“Buat saya dicalonkan oleh partai bisa dimana saja. Yang penting bekerja maksimal buat rakyat yang saya wakili di konstituen masing-masing,” kata Sudibyo, Jumat (7/12/2018).
Dengan demikian, maka di Dapil II tersebut anggota DPRD incumbent yang kembali mencalonkan caleg jumlahnya paling banyak. Ada 11 anggota DPRD incumbent yang nyaleg.
Di antaranya, Ade Kartika (Nasdem), Sutrisno BE, Iif Rivandi, Nono Sudarsono, Fuji (PDIP), Abdul Hadiyanto, Sudibyo BO (Golkar), M Jubaedi (PKB) dan Asep Saepudin (PKS).
Dengan data tersebut artinya melebihi jumlah kuota kursi yang tersedia di Dapil II tersebut, yakni 10 kursi. Jumlah incumbent di Dapil tersebut yang terbanyak jika dibandingkan dengan caleg incumbent dari Dapil lainya.(jja)