Di Momen Hari Ibu, Inilah Daftar Film Drama Korea Terbaik Kisah Perjuangan Ibu


DEJABAR.ID – Selamat hari ibu! membicarakan perjuangan seorang ibu takkan ada habisnya. Melalui film-film ini kita akan semakin menghargai ibu sebagai sumber inspirasi dan cinta kasih.

Ibu adalah sosok yang menyayangi kita tanpa syarat. Baginya, apa yang menjadi kebahagiaan kita adalah kebahagiaanya juga. Maka seringkali kita jumpai pengorbanan ibu dalam bentuk apapun demi kebaikan sekaligus kebahagiaan anaknya. Agar lebih memaknai perjuangan seorang ibu, tak ada salahnya jika kita menyaksikan film-film terbaik tentang ibu berikut ini:

1. Wonderful Mama (2013)

Wonderful Mama merupakan drama Korea yang tayang di stasiun tv SBS pada 2013 lalu. Drama ini menceritakan tentang seorang ibu tunggal yang didiagnosis menderita Alzheimer.

Sambil berjuang dengan sakitnya, dia berusaha untuk menyiapkan ketiga anaknya yang masih bersikap kekanak-kanakan agar bisa lebih dewasa, mampu untuk meneruskan usaha keluarga, serta mampu mengurusnya kelak saat gejala Alzheimer yang dimilikinya semakin parah.

Dalam film ini, kamu bisa belajar banyak hal tentang menjadi dewasa untuk merawat dan mencintai ibu seperti beliau dulu membesarkan, menjaga, dan menyayangimu saat kamu masih kecil.

2. Elegan Lies (Thread of Lies) 2014

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga kecil dengan seorang ibu yang single parent membesarkan dua anaknya. Dua anaknya tersebut mempunyai karakter yang berbeda. Man Ji (Go Ah Sung) sebagai kakak perempuan tertua sangat kaku, simple, cuek, tidak bisa mengekspresikan rasa sayang, berani dan kelihatan cool. Man Ji mempunyai seorang adik bernama Cheon Ji. Cheon Ji sangat pintar, rajin, penurut, pendiam, sayang banget sama ibu dan kakaknya. Karakter dua bersaudara tersebut pun berbeda saat di sekolah. Man Ji mempunyai banyak teman dan sahabat sedangkan Cheon Ji menjadi target bully-an teman-teman di sekolah. Meskipun cara membully-nya tidak frontal tetapi diam-diam hal tersebut sudah membuat Cheon Ji tertekan. Cheon Ji memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

3. Wedding Dress (2010)

Film ini berjudul Wedding Dress. Ketebak kan dari judulnya? Film ini bercerita tentang seorang Ibu yang berprofesi sebagai desainer baju pengantin. Si Ibu ini punya seorang anak namanya Sora. Sora diceritakan sebagai anak yang tertutup. Dia cerdas namun tidak bisa bergaul dengan baik dengan teman-teman sebayanya. Suatu hari si Ibu ternyata divonis menderita kanker lambung. Ia tidak memberitahukan hal ini pada anaknya, Sora. Dalam waktu sekejap, Sang Ibu berubah. Tadinya, Ibu Sora adalah penggila kerja. Ia menghabiskan waktunya di kantor. Bahkan Sora sering diajak ke kantornya. Namun setelah vonis itu keluar, Sang Ibu memutuskan untuk lebih banyak menghabiskan waktunya dengan anak semata wayangnya.

5. Long Visit (2010)

Cerita diawali ketika Ji Suk (Park Jin Hee) ingin mengunjungi ibunya (Kim Hae Sook)  yang diantar suami dan anaknya. Lalu dikereta Jusuk kemudian melihat keluarga yang memiliki anak. Dia kemudian menerawang ketika dia masih kecil. Inilah kisah perjalanan Jisuk bersama ibunya.

Ketika Jisuk kecil, dia sangat lancart membaca, hingga ketika di bus ayahnya dia selalu disuruh menjadi seorang turist guide. Setelah pulang ke  rumah, melewati tepian jalan dengan hamparan sawah, Jisuk disambut ibunya dengan riang gembira. Hubungan keluarga Jisuk kurang baik, ia lebih dekat dengan Ibunya.

6. Harmony (2010)

Harmony bercerita tentang sekelompok wanita yang jadi penghuni penjara. Di sini mereka mengalami banyak masalah.

Salah satunya adalah Jeong-Hye yang hamil dan melahirkan di penjara. Dia harus menyerahkan anaknya untuk di adopsi.

Untuk menciptakan kenangan yang spesial bersama anaknya, penghuni penjara yang lain membentuk grup paduan suara di penjara.

7. Missing (2016)

Film Missing menceritakan tentang seorang ibu yang berusaha menemukan bayinya yang diculik oleh sang pengasuh. Dalam usaha pencariannya tersebut, dia menelusuri jejak masa lalu pengasuh bayi yang disewanya dan menemukan fakta mengharukan di baliknya.

Dalam film ini, digambarkan bagaimana besarnya cinta seorang ibu yang berusaha untuk merawat anaknya dengan baik sembari sibuk bekerja di luar. Juga bagaimana beliau rela memberikan segala yang dimilikinya asalkan bisa bertemu kembali dengan anaknya yang menghilang. Benar-benar film yang mengharukan!

8.  Thank You (2007)

Serial Korea jadul produksi 2007 ini mempunyai pesan moral yang sangat menyentuh. Seorang ibu tunggal muda bernama Young Shin yang diperankan Gong Hyo Jin. Seorang single mother yang bukan sekedar merawat dan membesarkan putrinya saja, namun perjuangan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Karena ternyata putrinya tanpa sengaja terinfeksi penyakit HIV dan harus hidup dengan penyakit tersebut.

Belum lagi, Young Shin harus merawat kakeknya yang punya penyakit alzheimer. Young Shin berusaha menyembunyikan fakta dari masyarakat sekitar bahwa putrinya mengidap HIV, karena tidak mau putrinya hidup dalam cibiran orang lain. (yga)