Di Pangandaran Pungut Sampah Plastik Bisa Dapat Emas, Begini Caranya!

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEJABAR.ID, PANGANDARAN – Dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan meluncurkan progam berinovasi baru yaitu waste to gold (sampah jadi emas-red). Tujuannya adalah untuk mengurangi peredaran sampah plastik dengan mendatangkan banyak manfaat.

Deputi Bisnis Pegadaian wilayah Priangan Timur Wartono mengatakan, bahwa kami PT Pegadaian ada kerjasama sinergi dengan Kabupaten Pangandaran untuk membangun Bank Sampah yaitu untuk memilah sampah menabung emas.

“Masyarakat-masyarakat yang tadinya membuang sampah ada yang buang sembarangan begitu saja nanti dipilahkan antara sampah organik dengan sampah plastik dan sebagainya,” ujarnya kepada wartawan di salah satu hotel di Pangandaran. Kamis (04/07/2019).

Jadi, kata Wartono, nantinya sampah plastik ini dikumpulkan ke Bank Sampah yang kami bangun. Nanti kemudian disana dihargain uang dan uangnya nanti langsung masuk ke tabungan emas seperti ini.

“Sehingga ada dua manfaat, yaitu lingkungan bersih karena masyarakat juga enggak sembarangan buang sampah, dan yang kedua mereka akan punya tabungan emas sehingga untuk masa depannya akan lebih bagus,” paparnya.

Menurut dia, Bank Sampah yang sudah berdiri di seluruh Indonesia sebanyak 59 Bank dan Kabupaten Pangandaran merupakan yang ke 59 itu. Kami kerjasama dengan Gubernur di seluruh Indonesia dan kemudian ke daerah kami kerjasama dengan Bupati- Bupati untuk mendirikan Bank Sampah ini.

“Tujuannya apa? ini adalah program CSR kita yaitu tentang pegadaian bersih -bersih sehingga lingkungan itu bersih, tapi disatu sisi ada kesadaran masyarakat bersih-bersih tapi jangan sampai tidak menjadi uang. Kami berharap masyarakat sadar lingkungan tapi meraih pendapatan yaitu sampah ditabung menjadi emas,” harap Wartono.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku, mendukung progam tersebut yaitu Sampah Menjadi Emas.

Caranya yakni setelah ditampung dalam bank sampah, sampah plastik selanjutnya diserahkan pada PT Pegadaian yang akan ‘diganti’ menjadi emas.

“Nanti sampah plastik itu ditampung oleh bank sampah yang didirikan, ditulis berapa kilonya, nanti dikonversi menjadi nol koma sekian gram emas, jika kita rajin emas yang didapat bakal puluhan gram dan itu nantinya bisa ditarik berupa uang,” katanya.

Berdasarkan informasi peresmian Bank Sampah di Pangandaran akan diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tanggal 13 Juli mendatang. (dry)

Related posts

Leave a Comment