Dibalik Keeksotisan Curug Cikuluwung Tersimpan Kisah Mistis Yang Wajib Kamu Tahu !


curug cikuluwung

DEJABAR.ID – Bogor merupakan salah satu kota dengan destinasi air terjun atau curug yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Buak kamu pecinta wisata air terjun Bogor bisa jadi kota pilihan kamu untuk jelajah air terjun selanjutnya.

Ada beberapa curug yang namanya sudah terkenal seperti curug Nangka, curug Cilember, curug Seribu dan lain sebagainya. Namun, banyak juga curug yang belum banyak tersentuh oleh para wisatawan salah satunya curug Cikuluwung.

Curug Cikuluwung ini terbilang sebagai tempat wisata baru, berada di kampung Sukaasih, desa Cibitung Wetan, kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor. Lokasi curug Cikuluwung ini cukup dekat dengan lokasi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Meskipun wisata curug Cikuluwung ini baru dibuka namun, keindahan dan keeksotisan curug ini tak kalah dari curug-curug lain bahkan bisa dibilang berbeda. Curug ini memiliki keeksotisan dan keindahan tersendiri, disekitarnya hampir dikelilingi oleh bebatuan yang indah membuat curug Cikuluwung ini lebih eksotis dari curug-curug lain. Curug yang satu ini juga seperti memiliki kolam air yang tenang ditengah gemuruh suara air terjun.

curug cikuluwung bogor

Jarak tempuh untuk bisa sampai ke curug Cikuluwung ini cukup sulit dan menempuh jarak yang cukup jauh, akses jalan masih sulit diakses diusahakan jangan membawa anak-anak karena jalan menuju ke curug masih curam dan susah dijangkau.

Meskipun perjalanan ke Curug Cikuluwung cukup menguras tenaga namun semuanya akan terbayar ketika sudah sampai, pemandangan indah dan eksotis terpampang nyata didepan mata.

Di balik keeksotisan dan keindahan curug Cikuluwung ini tersimpan kisah mistis yang cukup seram dan wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke curug Cikuluwung.

1. Tempat kursi-kursi kerajaan Mulawarman

Menurut cerita warga setempat curug Cikuluwung ini merupakan tempat dimana banyak kursi-kursi kerajaan Mulawarman yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki kelebihan indra ke enam. Kerajaan Mulawarman sendiri merupakan kerajaan yang berdiri sebelum kerajaan padjajaran.

2. Ukiran-ukiran batu yang tak terlihat

Curug Ckuluwung ini dikelilingi oleh bebatuan yang eksotis dan indah namun siapa sangka ternyata disana terdapat ukiran-ukiran batu yang tak terlihat secara kasat mata.

3. Tidak boleh memakai baju merah untuk perempuan

Khusus untuk perempuan hati-hati dalam memilih warna baju ketika mau mengunjungi tempat wisata yang satu ini. menurut warga setempat jika ke Curug Cikuluwung dilarang memakai baju berwarna merah khusus untuk perempuan, jika hal tersebut dilanggar hal-hal yang bisa mencelakakan diri sendiri bisa saja terjadi. Karena menurut sejarahnya penduduk zaman dahulu sangat suka dengan baju berwarna merah jadi ruh atau dalam bahasa sunda sering disebut karuhun tidak mau tersaingi karena pengunjung memakai baju merah.

4. Ada jam-jam tertentu yang tidak boleh dikunjungi manusia

Curug Cikuluwung ini masih sangat kental dengan mistis dan sejarahnya, menurut kuncen curug Cikuluwung ini ada jam-jam tertentu dimana curug sama sekali tidak boleh dikunjungi oleh manusia. (Ima)