Duh! Petugas Damkar di Pangandaran Setiap Harinya Harus Berjibaku Dengan Api


Dejabar.id, Pangandaran – Musim kemarau panjang dan banyaknya warga masyarakat yang sembarangan membakar sampah maupun buang puntung rokok membuat para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat  setiap harinya harus selalu menjinakan api. 

Seperti yang terjadi di Dusun Purwasari Rt 02/06 Desa/Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Minggu (27/10/19) petugas harus menjinakan api di sebuah pabrik limbah kayu milik bapak Ruslan. 

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebakaran, BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruswana mengaku pihaknya setelah menerima laporan dari pengelola pabrik langsung meluncur kelokasi yang berjarak 3 kilometer dari posko. 

“Objek yang terbakar yakni limbah kayu yang dilahan seluas 10×20 meter, penyebab kebakaran di duga dari pembakaran limbah kayu yang merembet,”katanya. 

Nana menyebutkan, untuk menjinakan api di pabrik kayu tersebut pihaknya mengerahkan dua unit damkar yang merupakan 1 unit Pancar dan 1 unit Supply. 

“Setibanya di lokasi kami langsung melakukan pemadaman, pendinginan, assesment  dan pengambilan dokumen, adapun unsur bantuan dari masyarakat dengan alat sederhana,”papar Nana. 

Nana menceritakan, setiap hari para petugas Damkar harus selalu berjibaku dengan kobaran api yang melalap beberapa titik seperti lahan hutan, pabrik kayu dan sebagainya.

“Setiap harinya selalu saja ada kejadian kebakaran baik itu lahan maupun pabrik kayu, penyebabnya rata-rata dari pembakaran sampah yang di tinggalkan,”ungkapnya.

Untuk itu, Nana mengimbau kepada warga masyarakat diharapkan agar selalu berhati-hati apabila sedang membakar sampah maupun membuang puntung rokok. 

“Kami himbau warga masyarakat agar selalu berhati-hati jangan teledor jika sedang membakar sampah, karena jika anda teledor jelas kamilah yang harus turun tangan,”pungkasnya. (dry)