Forum Silaturahmi Keraton Nusantara: Tidak Ada yang Namanya Keraton Agung Sejagad

1 min


574

Dejabar.id, Cirebon – Munculnya sebuah keraton yang bernama Keraton Agung Sejagad di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, menghebohkan warga Purworejo dan juga media sosial. Apalagi, mereka mengklaim ada keturunan Majapahit.

Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), Sultan Sepuh XIV P.R.A. Arief Natadiningrat mengatakan, membantah kemunculan keraton yang menghebohkan ini. Menurutnya, kehadiran Keraton Agung Sejagat sangat tidak jelas silsilah keturunannya.

“Sangat tidak jelas garis keturunannya, entah mereka mendapat dari mana informasi garis keturunananya,” tuturnya, Rabu (15/1/2020).

Sultan melanjutkan, FSKN selama melaksanakan berbagai kegiatan, tidak ada yang namanya Keraton Agung Sejagad. Bahkan pada waktu persiapan Kemerdekaan Indonesia, yang tercatat hanya ada sekitar kurang lebih 200 Keraton dan tidak tercatat nama itu.

“Saya jadi heran tiba-tiba muncul,” tuturnya.

Sultan menjelaskan, seharusnya bila mereka mengaku sebagai kesultanan, maka diakui dari lingkungan terdekat. Sayangnya, dari masyarakat sekitar sendiri justru tidak mengakui adanya Keraton Agung Sejagat.

“Dari masyarakat lingkungan sendiri saja tidak mengakui keberadaan Keraton Agung Sejagat,” tutur Sultan.

Sultan juga mengaku baru mengetahui sekarang terkait keraton tersebut dari media. Untuk itu, dirinya meminta kepada Pemerintah pusat untuk mengumumkan keberadaan keraton yang ada di Indonesia.

“Kemunculan Keraton Agung Sejagad ini merusak citra keraton yang ada sekarang,” pungkasnya.(Jfr)


Like it? Share with your friends!

574

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *