Press ESC to close

Gaji Dewan di Pangandaran Hanya Rp21 Juta, Inilah Penjelasan Sekretaris DPRD

  • September 14, 2019

dejabar.id, Pangandaran – Wakil rakyat yang duduk di DPRD Kabupaten Pangandaran periode 2019-2024 akan menerima gaji kurang lebih sebesar Rp 21 juta per bulan. Namun, angka sebesar Rp 21 juta itu masih dinilai termasuk dalam cluster gaji rendah.

Pasalnya, gaji tersebut terdiri dari gaji pokok, Tunjangan Perumahan, Tunjangan Transportasi dan Tunjangan Komunikasi Intensif yang berbeda dengan gaji Dewan di Kabupaten/Kota lain.

Menurut Sekretaris DPRD Kabupaten Pangandaran, Yayat Kiswayat mengatakan, bahwa cluster gaji dewan tergantung kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan anggaran belanjanya.

“Gaji para wakil rakyat di Pangandaran kalau di total sekitar Rp 21 Juta, sedangkan di Kabupaten Ciamis bisa sampai Rp 29 Juta,” ucapnya, Sabtu (14/9/19).

Yayat menyebutkan, gaji sebesar Rp 21 juta yang akan diterima anggota dewan itu, terdiri dari gaji pokok sebesar Rp 4,6 juta, tunjangan perumahan Rp 5,5 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp 5,3 juta, tunjangan transportasi Rp 6,4 juta.

“Untuk gaji pimpinan ada perbedaan, karena tidak dapat tunjangan transport, karena pimpinan ada fasilitas mobil dinas dan tunjangan jabatan sebesar Rp 3 juta,” kata Yayat.

Untuk anggota dewan periode 2014-2019, sambung dia, sebagai apresiasi masa pengabdian mereka diberikan tunjangan sebesar 6 kali gaji pokok.

“Mereka (Mantan anggota Dewan – red) juga dapat uang tabungan pensiun yang setiap bulannya dipotong dari gaji. Kalau ditotal jumlahnya paling cuma Rp 10 Juta,” tukasnya. (dry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *