Gandeng Jurnalis, FLP Cirebon Gelar Workshop Kepenulisan


DEJABAR.ID, CIREBON-Komunitas Forum Lingkar Pena (FLP) Cirebon menggelar Workshop Kepenulisan dengan mengusung tema ‘Asyiknya Millennials Menulis di Media Sosial’. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jus Kuphi Medan, Jalan Terusan Bima Kota Cirebon, Sabtu (2/3/2019).

Kegiatan tersebut menggandeng pemateri salah seorang jurnalis Kompas TV Muhammad Syahri Romdhon, dan Divisi Kaderisasi FLP Jawa Barat, Endang Kurnia. Adapun pesertanya dihadiri oleh mahasiswa dan pelajar se-Wilayah III Cirebon.

Menurut Ketua Pelaksana, Handhika Rahman, latar belakang diadakannya kegiatan tersebut karena banyaknya kegiatan di instansi lembaga yang kurang terekspose oleh publik.

“Ini merupakan kegelisahan kita. Minimal mereka bisa menshare kegiatan yang ada di lembaga masing-masing,” jelasnya

Dhika menyampaikan, peserta yang mayoritas merupakan pelajar ini diajari bagaimana menulis di media sosial yang baik. Mulai dari etika menyampaikan informasi, teknik menulis yang menarik dan layak dibaca, dan lain-lain.

“Dengan mereka menshare kegiatan di sekolahnya masing-masing,” tuturnya.

Dengan banyaknya kegiatan yang terekspos di sekolah masing-masing, maka secara otomatis istilah sekolah unggulan bisa dihapus dari asumsi masyarakat. Sebab, kegiatan yg selama ini terkspos hanya dari sekolah-sekolah unggulan saja.

Sehingga, agar menjadi manfaat, dalam bermedia sosial pun perlu mendapat pelatihan. Hal ini juga untuk menekan penyebaran berita hoaks yang belakangan ini meresahkan.

“Informasi sekarang ini sangat mudah diakses hanya melalui gaway di genggaman, salah satunya adalah media sosial. Sehingga, mereka harus bisa melakukan pelatihan agar bisa dikemas secara menarik,” pungkasnya.(Jfr)