Geledah Rumah Dinas Walikota Banjar, KPK Keluar Bawa 2 Koper


BANJAR, Dejabar.id – Tim penyidik KPK menggeledah Kantor kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjar, Jawa Barat, sekira pukul 09.30 pagi tadi.

Dari pengeledahan itu tim KPK kelur dari pintu depan dengan membawa 2 Koper yang disegel dari Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Banjar. Salah satu petugas membawa kardus yang isinya terdapat dokumen-dokumen dan seorang petugas lainnya membawa 1 koper yang berwarna hitam.

KPK membagi 2 tim yang sama-sama beraktivitas selama kurang lebih 7 jam itu. Tim yang memeriksa Rumah Dinas Wali Kota Banjar selesai pukul 15.45 WIB.

Plt Juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan adanya kegiatan KPK di Banjar. Pihaknya sedang menyelidiki kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PU Banjar tahun 2012 hingga 2017.

“Kami saat ini belum dapat menyampaikan secara detail pihak yang ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Plt. Juru Bicara Ali Fikri, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dia menjelaskan, saat ini tim lembaga anti rasuah itu tengah melakukan tahapan pengumpulan alat bukti, dengan memeriksa beberapa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar tersebut.

Lantaran masih mengumpulkan barang bukti, pihaknya belum menentukan tersangka terkait dugaan perkara korupsi infrastruktur di Kota tersebut, pasalnya, sedang memburu pelaku-pelaku yang diduga bermain dengan proyek tersebut.

“Karena sebagaimana telah kami sampaikan, bahwa kebijakan Pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan,” tandas Fikri. (Red/Edward/Propublik)