Harga Tiket Pesawat Berbiaya Murah Turun pada 1 Juli


0

DEJABAR.ID – Harga tiket pesawat terbang berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) akan bisa turun paling lambat 1 Juli 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution. Namun, ia menaksir penurunan tarif yang dilakukan maskapai mungkin tak akan terlalu dalam.

Darmin mengatakan pemerintah masih memberikan waktu bagi maskapai untuk menghitung efisiensi yang bisa dilakukan. Ia meyakini penurunan tarif tiket pesawat bukan hanya disebabkan karena eflsiensi internal maskapai, namun juga faktor lain, seperti biaya jasa kebandarudaraan hingga bahan bakar.

“Paling lambat memang 1 Juli, tapi bukan berarti semuanya akan turun. Karena kesepakatan kami saat itu (rapat koordinasi tingkat Kemenko Perekonomian) sudah diturunkan tapi tak cukup tinggi,” jelas Darmin, Selasa (25/6), seperti yang diberitakan CNN Indonesia.

Maskapai juga dipersilakan menentukan waktu penerbangan tertentu yang memiliki tarif lebih murah dibandingkan jam-jam penerbangan yang lain. Hal yang sama juga berlaku untuk rute penerbangannya. Maskapai bebas memilih rute penerbangan apa saja yang bisa diberlakukan tarif lebih murah.

“Penerbangan yang lainnya tetap harga normal seperti saat ini. Tapi kadang kan penerbangan yang laku keras ini pagi dan sore, jadi yang siang bisa saja dimurahkan oleh maskapai. Arahnya seperti itu,” tutur Darmin.

Hanya saja, ia masih belum mau menyimpulkan, apakah kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi belakangan merupakan bentuk persaingan usaha tidak sehat. Menurut Darmin, maskapai sibuk memperebutkan pangsa pasar dalam empat tahun terakhir, sehingga kini memang saat yang tepat bagi maskapai untuk menaikkan kembali tarif penerbangan mereka.

Apalagi, ia menilai maskapai masih mengalami kerugian. Kemarin, AirAsia Indonesia mengumumkan rugi Rp93,79 miliar di kuartal I 2019. Bukan hanya itu, Lion Air pun sempat meminta penundaan pembayaran jasa kebandarudaraan di beberapa bandara.

“Jadi memang kalau dihitung secara keekonomian, mereka sebenarnya sudah kesulitan,” jelas dia.

Minggu lalu, pemerintah menegaskan sedang mengusahakan supaya agar tarif penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) bisa turun. Kebijakan tersebut terdiri dari efisiensi biaya penerbangan dan juga beban-beban usaha yang lain.

(Sumber: CNN Indonesia)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format