Hasil Piala Dunia 2022: Argentina ke Semifinal usai Menang Adu Penalti Lawan Belanda


Dejabar.id – Argentina berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 seusai menumbangkan Belanda lewat drama adu penalti pada babak perempat final.

Laga Belanda vs Argentina dalam jadwal Piala Dunia 2022 bergulir di Stadion Lusail, Doha, Qatar, pada Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Argentina sejatinya unggul 2-0 lebih dulu melalui Nahuel Molina (35’) dan Lionel Messi (73’penalti).

Adapun satu gol itu membuat Messi menorehkan sejarah. Ia bersama dengan Gabriel Batistuta menjadi pesepak bola pria Argentina tertajam di ajang Piala Dunia.

Messi dan Batistuta saat ini sudah menorehkan 10 gol sepanjang partisipasinya di kompetisi Piala Dunia.

Belanda lalu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat brace atau dua gol Wout Weghorst pada menit ke-83 dan 90+11.

Situasi itu membuat pertandingan berlanjut ke extra time. Namun, skor 2-2 tak berubah sampai waktu tambahan berakhir.

Laga pun berlanjut ke babak adu penalti. Hasilnya, Argentina memenangi adu penalti atas Belanda dengan skor 4-3.

Jalannya pertandingan Belanda vs Argentina

Argentina menguasai jalannya pertandingan. Skuad berjuluk La Albiceleste itu terlihat nyaman dalam memainkan bola di area permainan Belanda.

Kendati demikian, Argentina belum mampu menorehkan peluang berbahaya hingga pertandingan memasuki menit ke-15.

Beberapa menit kemudian, Lionel Messi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi masih melenceng ke sisi kanan gawang Belanda.

Messi mengirim umpan terobosan brilian kepada Nahuel Molina. Molina lantas memasukkan si kulit bulat ke gawang Belanda pada menit ke-35.

Assist itu membuat Messi mencatatkan rekor. Ia sudah menorehkan lima assist sepanjang partisipasinya di babak gugur Piala Dunia.

Menurut Opta yang menghimpun data assist sejak Piala Dunia 1966, catatan itu membuat Messi melewati torehan legenda timnas Brasil, Pele, yang memiliki raihan empat assist di fase knock-out Piala Dunia.

Dengan demikian, Argentina untuk sementara memimpin 1-0 atas Belanda.

Messi kembali mengancam. Ia meluncurkan bola ke gawang Belanda dengan kaki kiri. Tetapi, upayanya masih bisa diselamatkan kiper Andries Noppert pada menit ke-40.

Tidak ada gol lagi tercipta, sehingga Argentina dipastikan unggul 1-0 atas Belanda pada babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, Argentina nyaris mencetak gol tendangan bebas via Messi pada menit ke-63. Namun, bola sepakan La Pulga masih melambung tipis di atas mistar.

Argentina mendapatkan hadiah penalti seusai Marcos Acuna dilanggar Denzel Dumfries di kotak terlarang pada menit ke-71.

Lionel Messi dipercaya untuk menjadi eksekutor. Ia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sebagai algojo tendangan 12 pas pada menit ke-73.

Keberhasilan itu membuat Argentina menambah keunggulan menjadi 2-0 atas Belanda.

Belanda lalu menipiskan jarak menjadi 1-2 dari Argentina. Tim Oranye membukukan gol melalui tandukan Wout Weghorst pada menit ke-83.

Pada menit akhir laga, Belanda mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan mendatar Wout Weghorst.

Kontribusi itu membuat skor menjadi imbang 2-2. Laga Belanda vs Argentina pun berlanjut ke babak extra time.

Memasuki babak extra time, Messi memberikan umpan lambung dari situasi bola mati pada menit ke-104. Namun, Nicolas Otamendi tak bisa menyambut bola hasil operan Messi.

Messi lalu sempat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-110. Akan tetapi, masih melenceng jauh di atas mistar gawang.

Enzo Fernandez membuat kepanikan di area bertahan Belanda. Ia menendang bola dari luar kotak penalti, tetapi masih membentur tiang gawang pada menit ke-120.

Skor 2-2 tak berubah sampai babak extra time berakhir. Situasi itu membuat pertandingan Belanda vs Argentina berlanjut ke adu penalti.

Hasil adu penalti:

Belanda

Virgil van Dijk (gagal)

Steven Berghuis (gagal)

Teun Koopmeiners (masuk)

Wout Weghorst (masuk)

Luuk de Jong (masuk)

Argentina

Lionel Messi (masuk)

Leandro Paredes (masuk)

Gonzalo Montiel (masuk)

Enzo Fernandez (gagal)

Lautaro Martinez (masuk)

Keterangan: Belanda menendang lebih dulu.

BELANDA vs ARGENTINA 2-2 (Wout Weghorst 83’ 90+11’/Nahuel Molina 35’, Lionel Messi 73’)

Susunan pemain Belanda vs Argentina

Belanda: 23-Andries Noppert; 5-Nathan Ake, 4-Virgil van Dijk, 2-Jurrien Timber; 17-Daley Blind (9-Luuk de Jong 65’), 21-Frenkie de Jong, 15-Marten de Roon (20-Teun Koopmeiners 46’), 22-Danzel Dumfries; 8-Cody Gakpo (12-Noa Lang 113’); 7-Steven Bergwijn (11-Steven Berghuis 46’), 10-Memphis Depay (19-Wout Weghorst 78’).

Pelatih: Louis van Gaal.

Argentina: 23-Emiliano Martines; 8-Marcos Acuna (3-Nicolas Tagliafico 78’), 25-Lisandro Martinez (11-Di Maria 112’), 19-Nicolas Otamendi, 13-Cristian Romero (6-German Pezzella 78’), 26-Nahuel Molina; 20-Alexis Mac Allister, 24-Enzo Fernandez, 7-Rodrigo De Paul (5-Leandro Paredes 66’); 9-Julian Alvarez (22-Lautaro Martinez 82’), 10-Lionel Messi.

Pelatih: Lionel Scaloni.