Kroasia vs Brasil di Piala Dunia 2022: Kroasia Singkirkan Brasil Lewat Adu Penalti 4-2


Dejabar.id – Kroasia lolos ke semi final Piala Dunia 2022 setelah menyingkirkan Brasil lewat babak adu penalti, 4-2, setelah pertandingan imbang 1-1 selama 120 menit pada Jumat (09/12/22) di Education City Stadium.

Pertandingan antara Kroasia vs Brasil berjalan sengit dan menarik sejak menit-menit awal pertandingan babak pertama berjalan.

Baik Kroasia maupun Brasil sama-sama menunjukkan permainan tak mau menyerah demi meraih tiket ke babak semi final Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, dalam 2×45 menit pertandingan baik Kroasia maupun Brasil gagal membukukan gol hingga pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Memasuki perpanjangan waktu, gol akhirnya tercipta. Momen itu terjadi pada menit ke-105+1’ melalui aksi Neymar yang berhasil mengelabuhi Dominic Livakovic.

Tertinggal, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Bruno Petkovic di menit 116’. Sepakannya membentur pemain berhasil dan membuat Alisson Becker tak mampu menghalaunya hingga pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, Rodrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Hingga membuat Kroasia menang babak adu penalti dengan skor, 4-2.

Jalannya Laga

Sejak peluit jalannya pertandingan babak pertama dibunyikan, Kroasia langsung mengambil inisiatif menyerang ke lini pertahanan Brasil. Akan tetapi, solidnya lini pertahanan Brasil berhasil meredakan ancaman-ancaman Kroasia.

Tak terima diserang, Brasil mencoba untuk berbalik menekan Kroasia. Usaha tersebut baru terlihat pada menit ke-20’. Tapi sayang, setelah melakukan umpan satu dua dengan Neymar tembakan Vinicius Junior masih mampu dimentahakon oleh lini belakang Kroasia yang dikawal Josk

Kroasia yang mencoba keluar dari tekanan sesekali kembali menunjukkan ketangguhannya. Pada menit ke-29’, ancaman kembali diberikan. Akan tetapi, sepakan dari Ivan Perisic masih melambung tinggi dari gawang Brasil yang dijaga Alisson Becker.

Hingga mendekati babak pertama berakhir tak banyak peluang berarti yang ditunjukkan oleh kedua tim, skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Usai turun minum, kali ini Brasil yang mencoba untuk mengambil alih jalannya pertandingan sejak awal. Hasilnya, tim samba hampir mencetak gol saat memasuki menit ke-54’

Neymar yang memanfaatkan umpan Richarlison mencoba melesatkan bola ke gawang Kroasia. Tetapi penampilan gemilang Livakovic lagi-lagi menggagalkan usaha Brasil tersebut.

Brasil benar-benar menunjukkan dominasi mereka pada pertandingan ini. Pada menit ke-80’, Lucas Pacqueta kembali menebar ancaman ke gawang Kroasia, tetapi Livakovic lagi-lagi tampil gemilang menyelamatkan.

Hingga 45 menit babak kedua berakhir, baik Kroasia dan Brasil belum berhasil mencetak gol. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak 2×15 menit atau babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Brasil lagi-lagi masih menunjukkan dominasinya. Neymar, Richarlison dan Rodrygo masih menjadi andalan bagi tim samba dalam usahanya mencetak gol ke gawang Kroasia.

Usaha Brasil akhirnya membuahkan hasil saat pertandingan memasuki menit ke-105+1. Neymar yang mampu menembus lini pertahanan Kroasia berhasil melewati Dominik Livakovic dan membuat tim samba unggul 1-0.

Tertinggal, Kroasia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit 116’ setelah sepakan Bruno Petkovic tak mampu dihalau Alisson Becker dan pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, Rodrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Hingga membuat Kroasia menang babak adu penalti dengan skor, 4-2.

Hasil ini membuat langkah Brasil di Piala Dunia 2022 terhenti dan Kroasia berhak melaju ke semi final.

Susunan Pemain Kroasia vs Brasil

Kroasia (4-3-3)
Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic

Brasil (4-2-3-1)
Alisson Becker; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Pacqueta, Casemiro; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison.

Pelatih: Adenor Leonardo Bacchi (Tite)