Ini Gaji DPRD Majalengka, Jumlahnya Sampai Puluhan Juta

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id, Majalengka – Menjadi anggota dewan merupakan mimpi banyak orang. Sudah barang tentu bisa jadi wakil rakyat adalah hal membagakan.

Menjadi seorang anggota dewan punya tanggung jawab yang besar pada masyarakat. Namun, mereka juga mendapatkan gaji yang fantastis.

Di Kabupaten Majalengka, ada 50 anggota DPRD yang saat ini sudah menerima gaji pada awal September 2019 ini. Mereka adalah wakil rakyat periode 2019-2024 yang baru saja dilantik pada akhir Agustus lalu.

Bahkan gaji dan tunjangan tersebut, terhitung sejak diambil sumpah dan janjinya itu, mereka sudah mendapatkan sejumlah fasilitas.

Sekretaris DPRD Majalengka, H Siswantoro Stoven mengatakan, sesuai aturan, untuk gaji pertama mereka sudah menerimanya pada awal September 2019.

“Sedangkan untuk anggota DPRD lama, bahwa terahir menerima pada awal bulan Agustus lalu,” ungkapnya, Rabu (11/9/2019).

Menurut Siswantoro, besaran gaji anggota DPRD Majalengka kurang lebih Rp 30 jutaan setiap bulannya.

Jumlah gaji itu, sudah termasuk gaji pokok, tunjangan anak, tunjangan keluarga, tunjangan beras, tunjangan jabatan, tunjangan perumahan, tunjangan transportasi dan lainnya.

Adapun rinciannya gaji pokok atau uang repersentasi, tunjangan beras anak, istri, keluarga sama dengan aturan Pegawai Negeri Sipil (PNS), sementara tunjangan jabatan 145 persen dari gaji pokok.

“Tunjangan jabatan antara anggota dan pimpinan berbeda. Kalau pimpinan itu mendapatkan tambahan fasilitas mobil dinas,” ujarnya.

Atas dasar aturan dan hitungan itu, lanjut dia, bahwa gaji anggota DPRD Majalengka kurang lebih Rp 30 juta perbulannya.

“Memang besarannya variatif dan tidak akan sama, antara Ketua, Wakil Ketua, anggota dan yang lainnya. Karena ada perbedaan dalam tunjangan-tunjangan. Tapi nilainya tidak jauh dari angka itu, yakni Rp 30 Jutaan perbulannya,” jelasnya. (jja)

Related posts

Leave a Comment