Jamin Uang Layak Edar, BI Banten Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Pulau Tunda


SERANG, Dejabar.id – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (Kpw BI) Banten menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 di Pulau Tunda, Kamis (31/8).

Ekspedisi ini, yang dikenal dengan nama “Ekspedisi Rupiah Berdaulat”, merupakan bagian dari upaya Bank Indonesia untuk mengelola uang Rupiah dari pencetakan hingga pemusnahan.

Deputi Kpw Bank Indonesia Banten Jajang Hermawan mengatakan bahwa Bank Indonesia memiliki tanggung jawab penting dalam memastikan tersedianya uang Rupiah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Uang Rupiah yang layak edar dalam denominasi yang cukup sera tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” katanya di Pulau Tunda, Kamis (31/8).

Ia juga mengatakan dalam rangka menjaga kelancaran pengedaran uang, Bank Indonesia bekerja sama dengan TNI AL untuk melaksanakan kegiatan ini di ribuan pulau di seluruh Indonesia.

“Kegiatan pengedaran uang ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Salah satu tujuan utama dari Ekspedisi Rupiah Berdaulat adalah untuk meningkatkan pemahaman dan edukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan Rupiah sebagai mata uang nasional.

“Pengedaran uang layak tersebut tentunya kita memiliki program edukasi, Cinta, Bangga, Rupiah. Kemudian edukasi tentang Qris dan penyaluran bantuan sosial,” ujarnya.

Dalam ekspedisi ini, dilakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencintai dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Rupiah.

“Masyarakat makin paham cinta bangga paham rupiah,” katanya.

Selain kegiatan edukatif, ekspedisi ini juga akan melibatkan upaya penukaran uang layak edar bagi masyarakat di Pulau Tunda.

“Terkait dengan uang layak edar nanti akan ada upaya penukaran uang,” ujarnya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses terhadap uang yang berkualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 di Pulau Tunda merupakan langkah konkret dalam memperkuat kedaulatan mata uang Rupiah dan menjadikannya sebagai kebanggaan Indonesia.

Melalui edukasi dan pemahaman yang lebih baik tentang Rupiah, diharapkan masyarakat akan semakin mencintai dan menggunakan mata uang nasional dengan bangga.*


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format