Jangan Main-Main! Polisi di Majalengka Kawal Penyaluran Bansos


DEJABAR.ID, MAJALENGKA-Kepolisian Resor Majalengka mulai memantau penyaluran dan penggunaan dana hibah yang bersumber dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial di wilayah Kabupaten Majalengka.
“Polres Majalengka sudah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Bansos dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Majalengka,” kata Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melalui Wakapolres Majalengka, Kompol Hidayatullah.
Menurut Wakpolres, pemantau dan pendampingan tersebut, bertujuan agar bantuan sosial tepat sasaran. Tak hanya itu, kata dia, kegiatan tersebut, juga bermaksud untuk kelancaran dan keamanan terhadap pelaksanaan penyaluran bantuan sosial kepada penerima manfaat sesuai dengan prinsip enam tepat.
“Enam tepat yang saya maksud. Yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat jenis dan tepat cara,” jelasnya.
Menindaklanjuti hal tersebut, tampak sejumlah polsek jajaran, Polres Majalengka, langsung melakukan monitoring dalam penyaluran Bansos tersebut. Seperti yang dilakukan Polsek Majalengka Kota, pada Kamis (31/1/2019).
Kapolsek Majalengka Kota, AKP Kustadi, didampingi Kanit Reskrim, Aipda Samsul langsung melakukan monitouring kepada salah satu agen BRI Brilink, terkait Bansos tersebut, yang berada di Wilayah Kecamatan Majalengka.
Menurut kapolsek, dengan adanya pendampingan serta pemantauan yang dilakukan kepolisian terhadap agen BRI Briling, yang merupakan penyalur Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bansos lainya, diharapkan dapat menekan potensi kecurangan atau hal lainnya yang tidak diinginkan.
“Pemantauan atau pendampingan yang kami lakukan ini, tidak lain untuk meminimalisir dan mengantisipasi hal-hal negatif seperti tidak tepat sasaran maupun kecurangan lainnya,” tandasnya.(jja)