Jelang Pilkades Serentak di Kuningan, Ini yang Dilakukan Direktorat Intelkam Polda Jabar


DEJABAR, KUNINGAN – Untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas, satu hari menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kuningan, pada Sabtu (27/11/2021).

Direktorat Intelkam Polda Jabar menyambangi sejumlah desa yang akan menggelar hajatan enam tahunan tersebut. Sejauh ini polisi memastikan kondisi Kabupaten Kuningan jelang pilkades serentak aman.

Kanit 2 Subdit Politik Direktorat Intelkam Polda Jabar, Kompol Suradi SE, M.Si mengatakan, Pilkades serentak digelar pada Minggu (28/11/2021). Berdasar data yang diperoleh, bahwa yang akan menggelar Pilkades serentak di Kuningan ada 29 kecamatan yang tersebar di 78 desa.

Kompol Suradi meminta para calon kades serta pendukungnya bisa saling menahan diri dan tidak terprovokasi isu apa pun yang berpotensi menyebabkan terjadinya gesekan.

“Momentum ini untuk membuktikan persatuan dan kesatuan dan semangat kebersamaan dalam mewujudkan Pilkades damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan sukses tanpa ekses,” ujarnya.

Ia pun berharap seluruh elemen masyarakat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Kuningan dengan tetap disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, agar tidak terjadi adanya kasus cluster baru Pilkades.

Elemen yang dimaksud, kata dia, diantaranya, pemerintah desa, BPD, LKD, pihak panitia pilkades dan para calon kades serta lain-lain. “Saya mengimbau jangan sampai panitia Pilkades condong ke salah satu calon, harus bersikap netral, agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman dan lancar,” katanya.

Di samping itu, ia mewanti-wanti para calon kades agar bersaing dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga, semua tahapan yang dilalui sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. (*)