Press ESC to close

Jokdri Tersangka, Cak Imin Semakin 'Ngebet' Jadi Ketum PSSI

  • February 16, 2019

DEJABAR.ID, JAKARTA-Joko Driyono atau yang kerap dengan sebutan Jokdri ditetapkan sebagai tersangka. Jokdri diduga terlibat kasus pengaturan skor atau match fixing yang sudah mencederai sportivitas dalam sepak bola Indonesia.
Dikutip dari Detik.com, dengan status Jokdri yang sudah tersangka, PSSI jelas harus segera mengambil langkah. Kalau sesuai statuta, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, yang akan naik untuk menjadi ketua hingga masa jabatan habis di tahun 2020.
Hal itu seperti yang terjadi di Kongres Tahunan di Bali pada awal tahun ini. Jokdri menjadi Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI setelah Edy Rahmayadi memutuskan untuk mundur.
Tapi, Iwan sendiri juga dilaporkan dengan kasus suap terkait penunjukkan tuan rumah Piala Soeratin pada 2009. Oleh karena itu, ada pandangan lain dari salah satu pemilik suara.
“Lagipula, tidak mungkin untuk menunjuk wakil Plt Ketum, sebab Iwan (Budianto) juga mulai dikaitkan dengan kasus sepakbola lainnya di Jawa Timur sana,” ujar ketua Asprov Jawa Barat, Tommy Apriantono, saat dilansir dari Detik.com.
PSSI sendiri akan menggelar rapat darurat. Anggota Komite Exekutif PSSI, Yoyok Sukawi, menyebutkan bahwa semua keputusan baru akan diambil setelah pertemuan itu digelar.
Dengan lengsernya Edy dari Ketum PSSI tersebut serta kasus Jokdri, beberapa nama lain pun megemuka untuk menggantikannya, termasuk Ketum PKB Muhaemin Iskandar.
Sebelum kasus Jokdri menguap, Muhaemin Iskandar yang kerap disapa Cak Imin memang sudah menyatakan ingin pula menjabat sebagai Ketum PSSI baru.
“Saya siap memimpin PSSI, biar beres, biar berprestasi, masuk gelanggang dunia,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin itu lewat akun twitter-nya beberapa waktu lalu.
Namun, keinginan Cak Imin bisa jadi terbentur aturan statuta PSSI yang mengharuskan calon ketumnya minimal lima tahun pernah aktif dalam persepakbolaan nasional. Sementara, Cak Imin selama ini lebih banyak berkutat di bidang politik dan keagamaan.(red/detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *