Kang Cucun Bagikan Paket Sembako & Penyuluhan Restrukrisasi Keringanan Cicilan


0

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Cucun Ahmad Syamsurijal membagikan ratusan paket sembako dibagikan secara door to door kepada warga masyarkat kabupaten Bandung sekaligus memberikan sosilisasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait Restrukturisasi, Relaksasi & keringan warga terdampak Covid 19.

“Pembagian sembako ini mudah-mudahan membantu warga masyarakat dalam menghadapi wabah virus ini sekaligus ini memberikan sosialisasi terkait resutruktirasi terkait keringanan kredit kepada warga masyarakat yang terdampak Covid ini,” ujarnya di Solokanjeruk (2/05/2020).

Anggota DPR RI asal kabupaten Bandung ini menilai bahwa sosialisasi bersama OJK ini implementasi dari skema keringanan kredit bagi warga masyarakat, baik itu yang memiliki cicilan uang maupun cicilan kredit kendaraan kepada Bank ataupun Leasing.

“Ini merupakan keberpihakan negara yang telah resmi diumumkan oleh Pak Presiden Joko Widodo yakni skema Restrukrisasi karena itu ada keringanan cicilan kepada warga masyarakat baik pinjaman uang maupun kendaraan,” ujarnya.

Tetapi, ia melanjutkan warga masyarakat harus mencerna informasi secara baik agar tidak salah tafsir, Restrukrisasi itu ada delapan point bentuk keringanan pembayaran.

“Bentuk-bentuk keringanan
kredit/pembiayaan yang bisa diberikan
Bank/Leasing, pertama, penurunan suku bunga, kedua, perpanjangan jangka waktu, ketiga, pengurangan tunggakan pokok, keempat, pengurangan tunggakan bunga, kelima, penambahan fasilitas dan keenam konversi kredit/pembiayaan,” ujarnya.

Kang Cucun menilai delapan hal itu harus benar-benar dipahami jangan sampai disalahartikan dengan tidak membayar kepada Bank maupun Leasing yang bersangkutan.

Ia mencontohkan, keringanan itu ketika seorang pengemudi Ojek Online yang sebelumnya ramai penumpang, kini sejak adanya virus corona sulit mendapatkan penumpang dan tidak sanggup membayar cicilan motor di Leasing. Pengemudi itu bisa mendapatkan keringanan untuk penundaan pembayaran pokok/bunga misal 3, 6, 9, atau 12 bulan, sesuai kesepakatan bersama dengan Leasing.

“Kita bisa menghubungi Bank/Leasing tempat kita meminjam tanpa perlu datang langsung ke kantornya. Hubungi melalui telepon,
email, whatsapp atau sarana komunikasi
digital lain. Ingat untuk tetap di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kang Cucun menegaskan pemberian keringanan ini diutamakan untuk usaha kecil yang terkena dampak Covid-19 dengan nilai pinjaman di bawah Rp 10 Milyar, terutama UMKM, pekerja harian, nelayan, ojek online dan usaha kecil lain yang sejak terkena dampak Covid-19 mengalami kesulitan membayar cicilan pinjaman.

“Kami pun makanya menghimbau kepada masyarakat khususnya kabupaten Bandung yang menjadi daerah pemilihan saya untuk tetap mematuhi himbauan OJK ini terkait Restrukrisasi maupun relaksasi pembiayan cicilan,” ujarnya.

Dalam kesempatan sosialisasi itu salah seorang warga asal Desa Cibeureum Kertasari Yanto (37) menyatakan bahwa sosialisasi OJK terkait keringanan ini begitu penting kepada warga masyarakat bawah. Pasalnya, banyak hoax berseliweran terkait keringanan ini di media sosial utamanya, tapi minim penjelasan detail seperti ini.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Kang Haji Cucun telah memberikan bantuan sembako kepada kami sebagai warga terdampak. Keduanya, saya sangat paham terkait apa itu Restrukrisasi, Relaksasi cicilan baik kepada Bank maupun Leasing,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format