Kasi Pers Korem 063/SGJ: Tujuan Kita Hanya Satu, Indonesia yang Adil dan Makmur


DEJABAR.ID, CIREBON – Pancasila diharapkan dapat memelihara kemajemukan, mempersatukan perbedaan, dan merawat keberagaman di bawah naungan panji Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga, Pancasila dipandang sebagai simpul kesepakatan antar berbagai golongan masyarakat dalam mewujudkan aspirasi bersama.
Hal tersebut diungkapkan oleh Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Arm Maryudi melalui Kasi Pers Korem 063/Sunan Gunung Jati Letkol Inf Efendi Muchtar, dalam acara Safari Bintaldam III/Siliwangi yang dilaksanakan di Aula Makorem 063/Sunan Gunung Jati, Jalan Brigjen Dharsono (By Pass) Kota Cirebon, Rabu (27/02/2019).
“Pancasila dipandang sebagai simpul kesepakatan antar berbagai golongan masyarakat dalam mewujudkan aspirasi bersama, yakni menjadi bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur sesuai dengan amanat Mukadimah UUD 1945,” jelasnya.
Karena itu, lanjutnya, dengan pembinaan mental ideologi, diharapkan seluruh prajurit, PNS, dan keluarganya akan selalu dapat terpelihara dan meningkat jiwa nasionalisme dan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,  sesuai dengan tema Pembinaan Mental, yaitu “Implementasi Pancasila Bagi Prajurit, PNS, Persit dan Keluarga”, dapat diterapkan sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Juga bisa memelihara dan meningkatkan kualitas kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kecerdasan spiritual prajurit,” jelasnya.
Sedangkan menurut Bintaldam III/Siliwangi Mayor Caj Asep Sodikin, Pancasila sebagai dasar negara merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia yang berisi nilai-nilai yang sesuai dengan jiwa, karakter dan hati nurani bangsa Indonesia. Karena Pancasila bersumber dari saripati budaya bangsa Indonesia.
Pancasila sendiri, tambahnya, memiliki serangkaian nilai, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Kelima nilai tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh serta mengacu dalam tujuan yang satu yaitu Indonesia yang adil dan makmur.
“Tujuan kita hanya satu, yaitu Indonesia yang adil dan makmur,” pungkasnya.(Jfr)