Ketum PDI Perjuangan Canangkan Leuweung Padjadjaran


Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono (foto:ist)

BANDUNG,- PDI Perjuangan Jawa Barat menginisiasi gerakan mencintai bumi melalui program penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Puncak kegiatan gerakan penghijauan di lahan kritis sepanjang aliran Sungai Citarum ini ditandai dengan pencanangan Leuweung Padjadjaran di Kampung Gambung Desa Mekar Sari Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, yang akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Minggu (2/2) mendatang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, memastikan kehadiran ketum partai berlambang banteng moncong putih ini.

Kegiatan ini juga akan dihadiri anggota DPR RI, DPRD Jabar dan Kota Kabupaten dari Fraksi PDI Perjuangan, Jajaran Muspida Jabar seluruh Kepala Daerah dari PDI Perjuangan, jajaran Perguruan tinggi, penggiat lingkungan, tokoh masyarakat dan budayawan.

Selain itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini juga dijadwalkan bakal hadir.

“Ibu Ketum dijadwalkan hadir, dan tamu undangan serta masyarakat yang hadir diperkirakan mencapai 3000 orang,” kata Ono dalam keterangannya, Jumat (30/1).

Menurut Ono, kegiatan ini merupakan Gerakan Nasional Penanaman Pohon yang dipusatkan di Kabupaten Bandung.

Dikatakannya, kegiatan ini juga masih dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun PDI Perjuangan ke-47 sekaligus kado istimewa bagi Megawati Soekarnoputri yang sangat mencintai lingkungan.

“Gerakan menanam pohon adalah hadiah istimewa bagi Ibu Megawati Soekarnoputri. Gerakan menanam pohon ini bersifat wajib bagi anggota dan kader PDI Perjuangan sebagai bentuk dedikasi bagi Ibu Megawati yang begitu mencintai tanaman,” kata anggota Komisi IV DPR RI ini.

Tak hanya menyerukan melakukan penanaman pohon, kata Ono, PDI Perjuangan juga mengimbau agar seluruh kadernya menjaga sungai agar bebas dari sampah, menjaga sumber mata air kehidupan, dan merawat lingkungan hidup agar semakin asri.

Menurut Ono, pada pencanangan Leuweung Padjadjaran ini akan ditanam 222.020 pohon di DAS Citarum yang meliputi 10 Kabupaten /Kota secara serentak dan 24.000 pohon di 17 Kabupaten/Kota lainnya yang dilakukan oleh Kader PDI Perjuangan dan Masyarakat.

“Gerakan ini sudah kami mulai sejak tanggal 23 Januari hingga akhir bulan Mei 2020. Melalui kegiatan ini, Bung Karno, Ibu Megawati dan PDI Perjuangan akan abadi menyatu dengan Ibu Pertiwi,” tandasnya. [nie/*]