Kodim Majalengka dan Warga Bersihkan Material Longsor


DEJABAR, MAJALENGKA – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memicu terjadinya longsor di daerah Kecamatan Maja. Longsor menghantam satu rumah warga di Blok Sabtu, Rt 05/02, Desa Wanahayu, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Rabu (2/12/2020).

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1702/Maja, Kapten Inf Sarna menjelaskan, bahwa longsor tanah dengan skala panjang 12 meter dan lebar 5 meter itu, menghantam bagian tembok dapur rumah milik pasangan suami istri (pasutri) Otong Didi Humaedi (59) dan Dedeh Khodijah (36) hingga jebol.

“Hari ini, kita lakukan kerja bakti bersama warga masyarakat setempat untuk membersihkan puing-puing longsoran tersebut,” Kata Danramil kepada TIMES Indonesia, Kamis (3/12/2020).

Danramil menyampaikan, bahwa musibah longsor di daerah Majalengka sudah mulai terjadi, sehingga kewaspadaan TNI dan masyarakat perlu tingkatkan.

“Hujan yang terjadi di beberapa daerah, mulai menimbulkan bencana alam, seluruh komponen harus meningkatkan kewaspadaan jangan sampai bencana alam menimbulkan korban,” Ujarnya

Seperti yang terjadi di Desa Wanahayu Kecamatan Maja, menurut dia, ini perlu respon yang sangat cepat dari semua pihak untuk membantu warga yang terkena longsoran.

“Kegiatan karya bakti kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian kami atas musibah tanah longsor yang menimpa salah satu warga di Desa Wanahayu ini” Jelasnya. (Jfn)