Press ESC to close

Kotak Suara Kena Air, Ketua KPU Kabupaten Cirebon: Ini Masih Layak Pakai

  • February 10, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON – Rusaknya ratusan kotak suara akibat tergenang air hujan, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon Saefudin Jazuli, masih bisa layak pakai. Karena, pihaknya terus menjemur kotak-kotak suara tersebut sejak kemarin.
“Menurut pribadi kami, ini masih layak pakai, karena kami terus menjemurnya,” jelasnya saat ditemui awak media di gudang logistik KPU Kabupaten Cirebon, Plumbon, Kabupaten Cirebon, Minggu (10/2/2019).
Meskipun begitu, pihaknya tetap mengikuti instruksi dari KPU RI, apakah nantinya kotak-kotak suara tersebut akan diganti atau tidak.
Jazuli mengaku, kejadian ini berada di luar dugaan. Karena, sudah setahun lebih sejak pelaksanaan Pilkada 2018, gudang ini selalu dipakai sebagai tempat penyimpanan logistik. Dan selama itu itu pula, hujan kerap datang.
“Tapi tidak sampai air masuk ke sini, ini di luar dugaan,” tuturnya.
Jazuli menjelaskan, tergenangnya kotak suara ini diakibatkan hujan lebat yang terjadi pada Jumat (8/2/2019) malam lalu. Air-air tersebut masuk melalui celah-celah gerbang setinggi 5 cm. Apalagi, jumlah gerbangnya lebih dari satu. Sehingga, hujan yang lebat memaksa air masuk ke dalam gudang.
Menurutnya, kejadian ini tidak mengganggu jalannya pemilu nanti. Karena masih ada waktu. Saat ini, kotak-kotak suara yang masih bisa diselamatkan dipindahkan ke tempat yang lebih aman untuk mencegah kejadian serupa terulang.
“Kemarin ada 300, hari ini belum selesai dihitung. Kemungkinan sore ini selesai,” pungkasnya.(Jfr)
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *