Lanal Cirebon Tabur Bunga Peringati Pertempuran Laut Arafuru

1 min


553


Dejabar.id
, Cirebon – Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, merupakan peristiwa heroik antara Indonesia melawan Belanda di Laut Aru, Maluku. Armada Indonesia yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso, gugur bersama prajurit RI Macan Tutul.

Peristiwa pertempuran heroik tersebut menjadi tonggak bangkitnya semangat pantang menyerah bagi generasi Penerus TNI AL masa kini, dalam memberikan sumbangsih dan pengabdiannya bagi bangsa dan negara. Sehingga, setiap tanggal 15 Januari kerap diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.

Untuk itu, demi mengenang peristiwa bersejarah tersebut, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon menabur bunga di atas Geladak Utama Patkamla Gebang I.3-59 di Perairan teluk Cirebon, Rabu (15/1/2020), yang dipimpin oleh Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho.

Danlanal menjelaskan, tabur bunga yang dilaksanakan di laut ini seperti halnya ziarah di Taman Makan Pahlawan. Tujuannya untuk menghubungkan batin antara para Prajurit TNI AL masa kini dengan para pahlawan kusuma bangsa yang gugur di laut.

“Mereka dengan gagah berani tanpa mengenal menyerah serta rasa takut mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajahan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, upacara tabur bunga tersebut juga merupakan salah satu bentuk penghormatan generasi penerus dan pernyataan terhadap keluhuran, kebesaran, dan jasa-jasa pahlawan kusuma bangsa, yaitu Komodor Yos Sudarso.

“Tabur bunga ini juga bertujuan untuk membangkitkan, mengembangkan, dan mempertebal sifat kepahlawanan serta mendoakan, agar arwah para pahlawan diterima dan mendapat tempat yang layak di Sisi Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.(Jfr)


Like it? Share with your friends!

553

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *