Press ESC to close

Lukisan Kaca Ternyata Tidak Bisa Dijadikan Investasi, Berikut Penjelasannya

  • March 20, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON-Di era globalisasi sekarang, investasi bisa banyak bentuk dan jenisnya. Salah satunya adalah lukisan. Banyak orang yang mencoba investasi lukisan-lukisan karya seniman terkenal yang bernilai tinggi. Sehingga, jika dijual kembali, harganya akan semakin tinggi, karena usianya yang semakin tua. Namun, di antara sekian banyak jenis lukisan, ternyata lukisan kaca tidak bisa dijadikan nilai investasi.
Menurut Daniel Adenis selaku salah satu seniman Cirebon, lukisan kaca berada pada sektoril, maksudnya orang yang sudah mempunyai lukisan kaca maka tidak akan membeli lagi, karena sudah punya. Tapi jika lukisan kanvas yang bermain di galeri atau balai lelang, mereka akan menginvestasikannya. Karena lukisan kanvas meskipun jadul, masih memiliki nilai seni yang tinggi.
“Jika kanvas, apalagi pakai cat profesional, memang dibuat untuk masa 100 tahun. Jika sudah lewat 100 tahun, maka akan retak, baru direstorasi,” jelasnya saat ditemui Dejabar.id dalam Pameran Integrated Art Ikatan Alumni Seni Rupa ITB dalam rangka Muhibah Budaya ke Cirebon di Gedung Negara, Krucuk, Kota Cirebon, Rabu (20/3/2019).
Hal sebaliknya terjadi pada lukisan kaca. Jika dijadikan investasi, maka hal tersebut sangat tidak akan mungkin. Karena, bahan dan material yang digunakan tidak mungkin kuat selama 100 tahun.
Contohnya seperti cat yang menempel pada lukisan kaca, yang tidak akan awet. Karena masih menggunakan cat yang biasa digunakan pada kanvas. Selain itu, material kaca yang licin, pada tahun-tahun tertentu catnya akan rontok. Kecuali jika memang menggunakan cat-cat khusus lukis kaca.
“Karena itu, jarang ditemukan lukisan kaca yang umurnya lama. Kalaupun ada, itu hanya pengakuan saja. Itu pun juga replika lukisan lama atau elemen lama yang diperbarui,” pungkasnya.(Jfr)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *