Press ESC to close

Masa Golden Age Merupakan Usia yang Penting Bagi Perkembangan Anak

  • July 23, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON – Sejak usia dini, anak-anak harus selalu bisa didorong untuk menumbuhkan minat baca dan berliterasi. Hal tersebut bertujuan agar bisa menstimulasi kecerdasan anak. Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan edukasi di perpustakaan.

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang ke 35 ini, Perpustakaan 400 Kota Cirebon mengajak anak-anak usia dini dari wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, untuk bisa mengikuti kegiatan story telling di Perpustakaan 400, Selasa (23/7/2019). Dengan dipandu oleh pendongeng Cirebon, Kak Ale, anak-anak diajari bermain, membaca buku, serta bernyanyi.

Selain itu, juga dilakukan edukasi seperti cara menyebrang di jalan raya dengan hati-hati, pengenalan hari, tanggal, dan bulan. Bahkan, juga mengedukasi para orang tua yang turut mengantar anak-anak, bahwa anak-anak juga diatur dalam undang-undang. Sehingga, para orang tua tidak bisa sesuka hati memperlakukan anak-anak semaunya.

Sebetulnya, story telling di Perpustakaan 400 Kota Cirebon ini sudah rutin dilaksanakan tiap hari Selasa. Namun, karena hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, maka kegiatan story telling diperbanyak dan ditambah edukasi lain.

Kegiatannya sendiri diikuti oleh anak-anak dari Paud Tunas Garuda, SD Karyamulya II, serta umum dengan total sekitar 60 anak.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Cirebon, Jaja Sulaeman, anak usia dini, terutama usia 0 hingga 4 tahunan atau yang kerap disebut Golden Age, merupakan masa yang yang penting dalam perkembangan anak. Mereka bisa dengan mudah merekam segala visual yang ditampilkan dalam video, fisik, gerakan, dan lain-lain.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan edukasi seperti story telling tersebut sangat penting demi menstimulasi kecerdasan otak anak. Ketika anak semakin diberi asupan gizi yang disertai edukasi yang positif, maka anak tersebut bisa menambah daya kreatifitas dan kecerdasan.

“Karena itu, masa Golden Age ini sangat penting bagi pertumbuhan kecerdasan anak,” jelasnya, Selasa (23/7/2019).

Jaja pun berharap, di momen peringatan Hari Anak Nasional ini, anak-anak akan semakin bertambah minat baca dan literasi. Untuk itu, dirinya akan melihat sejauh mana program-program yang memang bagus untuk anak-anak di Perpustakaan 400 tersebut, terutama suasananya yang ramah anak. 

“Kita juga akan korrdinasikan dengan guru dan sekolah, bagaimana meningkatkan minat baca dan literasi kepada anak-anak,” pungkasnya.(Jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *