Press ESC to close

May Day di Tasik, 40% Perusahaan Belum Beri Upah Sesuai UMK

  • May 1, 2019

DEJABAR.ID, TASIKMALAYA – Ratusan mahasiswa yang tergabung dari Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya (AMT), menggelar ksi demo di depan bale kota Tasikmalaya jalan Ir. Juanda, Rabu (01/05/2019).
Mereka mendatangi bale kota untuk menyuarakan hak-hak buruh yang bertepatan dengan hari buruh internasional atau yang biasa disebut mayday.
Dalam aksinya, mereka mempertanyakan penerapan undang-undang ketenagakerjaan yang belum sepenuhnya diterapkan di Kota Tasikmalaya, serta mempertanyakan perusahaan yang masih membayar upah di bawah UMK Tasik.
“Ada sekitar 40 % perusahaan yang belum memberikan upah sesuai dengan UMK Tasik, dimana peranan pemerintah kok diam saja,” teriak salah satu orator aksi.
Mereka juga meneriakan keamanan kerja yang belum diperhatikan. “Lihat didepan kita, didepan kantor pemerintahan ada pekerja yang tidak pakai pengaman keselamatan kerja tapi dibiarkan saja, mereka manusia tidak bisa tidak memakai standar keselamatan kerja,” teriaknya lagi.
Menanggapi hal tersebut, Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, mengatakan, bahwa sekarang tinggal 30% perusahaan yang masih memberikan upah dibawah UMK Tasik, kebanyakan perusahaan industri rumahan.
“Tinggal 30 % yang membayar di bawah UMK Tasik dan itupun perusahaan industri rumahan,” terangnya.
Ia melanjutkan, sementara ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya meskipun pengawasannya dipegang oleh Provinsi.
“Iya, sekarang pengawasannya dibawah provinsi, namun bukan alasan kami untuk tidak mengupayakan hal itu, kami terus berupaya,” tambahnya.
Terakhir Ivan menegaskan, ada beberapa pertimbangan kenapa yang 30 % itu masih ada salah satunya jika keuangan perusahaan tidak sehat maka pemerimtah memberikan toleransi dengan jangka waktu yang ditentukan.
“Ya kita lihat kondisi keuangan perusahaan itu, jika tidak sehat dan dipaksakan untuk membayar sesuai UMK yang mengakibatkan perusahaannya bangkrut toh yang rugi buruh juga. Kita kasih perusahaa itu waktu, jika tidak mampu yang kita nyatakan pailit,” tegasnya.(Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *