Minum Air Es Itu Bahaya, Kok Bisa?


DEJABAR.ID – Di cuaca panas seperti sekarang ini. Hampir semua orang akan tergoda dengan minuman dingin. Alih-alih penghilang dahaga, minuman es ini justru menimbukan rasa haus yang tak berkesudahan.

Sahabat dejabar yang pecinta minuman es ini tak akan tahan jika setelah makan tanpa dibarengi minuman tersebut. Enaknya sih setelah makan bakso atau setelah makan yang pedas-pedas. Makan mie ayam dua sendok sambelnya, udah itu minumnya es kelapa muda. Juara deh!

Meski kita kehausan stengah mati setelah makan, atau seusai joging, justru tidak disarankan untuk langsung menyeruput minuman dingin ini. Apalagi setelah berolahraga sangat tidak disarankan, karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sekilas minuman dingin mengandung es ini cukup bisa melegakan saat kehasuan dan saat cuaca panas. Ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Mau tahu bahaya apa saja dibalik air es ini. Seperti dilansir Shared berikut ada beberapa fakta yang terhimpun.

1. Bisa Menyebabkan Iritasi Tenggorokan

Iritasi tenggorokan atau peradangan tenggorokan ini umumnya banyak diderita oleh anak-anak. Terlebih pada saat cuaca panas. Setelah minum air es, tenggorokan akan menjadi iritasi sehingga akan berakibat rasa sakit saat menelan ludah atau makanan. Dan lama kelamaan iritasi ini bisa berubah menjadi penyakit batuk atau infulenza dan lebih parahnya lagi tubuh kita akan terserang demam.

2. Air Es Juga Bisa Menggagalkan Penyerapan Nutrisi

Dampak lainnya dari minum ari es ini, setial nutris dsri makanan yang telah dicerna di dalam tubuh kita akan gagal bereaksi dan akhirnya penyerapan nutrisi oleh tubuh ini tidak akan sempurna. Proses penyebaran nutrisi ke dalam darah pun bisa terhambat.

3. Menghambat Aliran Darah ke Jantung

Aliran darah ke jantung akan terhambat apabila kita terlaku sering meminum air es. Pada akhirnya degup jantung ini tidak normal dan ritemnya tidak beraturan. Sehingga peredaran darah ke organ tunuh yang lain pun bisa terganggu.

4. Usus Kita Bisa Tersumbat

Suhu ari dingin yang masuk ke dalam tubuh bisa menggangu proses penghancurna makanan dan penyerapan makana di dalam usus besar. Bisa berakibat buang air besar tidak lancar. dan lebih parahnya akan terjadi penyumbatan dan mengganggu metabolisme.

5. Bisa Menstimulus Pembentukan Batu Ginjal

Bagi kamu yang sering minum air teh dingin setelah makan, atau teh manis dingin, hati-hati untuk tidak terlalu sering membiasakan seperti itu. Karena sangat bahaya terhadap ginjal kamu. Air es teh mengandung zat oksalat  yang bisa mendorong pembentukan krital di dalam jaringan ginjal. Ngeri juga ya!

6. Dapat Memperbesar Amandel

Bagi yang punya penyakit amandel. Minuman dingin bisa sangat berbahaya  dan bisa memlerbesar amandel sehingga sistem pernapadan kamu terganggu dan bisa menjadi iritasi akut apalagi djbarengi dengan makan mamakanan berminyak. Jangan coba-coba deh!

7. Gangguan Fungsi Fisiologis

Jika kamu minum air dingin setiap hari setelah makan aliran darah ke otak bisa sangat meningkat. Hal inilah yang menyebabkan gangguan fungsi fisiologis yaitu berupa rasa pusing-pusing yang berkelanjutan hingga bisa mengakibatkan pembekuan otak karena suplai oksigen terhambat.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format