Press ESC to close

Musik Sebagai Ciri Kepribadian Seseorang

  • November 22, 2018

DEJABAR.ID – Di seluruh belahan dunia, hampir setiap orang menyukai musik dan mendengarkannya setiap waktu. Hal ini mendakan bahwa peran musik ini sangat besar di dalam kehidupan, selain bisa membuat bahagia atau menenangkan, musik juga ternyata adalah sebagai identitas seseorang dan cerminan kepribadan. Nah pengen tahu sifat dan kepribadian apa saja yang dimilki seseorang sesuai genre musik yang mereka dengarkan.

1. Penyuka musik folk, jazz, dan blues adalah pemikir berat

Sebagia genre yang serius, musik ini adalah biasanya disukai oleh orang-orang yang sense of art-nya tinggi dan biasanua musik-musik bergenre seperi di atas disukai oleha kalangan orang yang suka berpikir keras dan punya daya keratif tinggi serta kritis.

2. Penggemar musik country orangnya pekerja keras dan periang

Selanjutnya adalah mengenai musik country, musik country ini adalah juga musik yang dibilang serius namun secara musikalitas punya beat tempo yang riang dan bisa membahagiakan serta biasanya dinikmati dengan berekerumun bersama orang-prang atau banyak orang. Pendengar musik ini sifatnya lebih punya rasa empati dan periang.

3. Pendengar musik heavy metal adalah orang yang ramah serta kreatif

Berdasarkan teori dari Adrian North, PhD, seorang sarjana psikologi musik, para penggemar musik metal ini memiliki sifat sedikit halus, setara dengan penggemar musik klasik, hanya saja lebih muda.

4. Penyuka musik klasik adalah orang yang cerdas

Melihat pola-pola musik dan nada-nadanyabyang rumit ini berarti juga perlu kecerdasan yang tinggi untuk mengimbangi rasa musik itu sendiri. Biasnaya pendengar musik klasik adalah ornag yang suka termenung adalah dua kata yang cocok bagi musik klasik beserta pendengarnya namun introvert. Berdasarkan penelitian North, mereka adalah orang yang kreatif, introvert, dan menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi.

5. Penggemar hip-hop adalah orang ekstrovert dan aktif

Mereka adalah pendengar yang aktif dan berirama. Mereka menikmati aspek sosial dalam musik; menari dan menyanyi bersama daripada hanya sekadar mendengarkan musik itu sendirian. Seperti para rapper umumnya, mereka ekstrovert dengan citra diri yang tinggi.

6. Penyuka musik pop orangnya ramah tapi gugup

Banyak dari penggemar musik ini menunjukkan kreativitas yang kurang memadai dibandingkan dengan penggemar lainnya dan mereka lebih cepat khawatir. Tetapi, ramah dan mudah bersosialisasi serta harga dirinya tinggi adalah mereka yang suka dengan musik pop.

7. Penggemar musik rock orangnya mudah bergaul tapi egois

Mereka yang menyukai genre musik ini merupakan pekerja keras dan nyaman dengan dirinya sendiri. Buruknya, mereka cukup egois dibandingkan pendengar aliran musik lain. Ada lagi penggemar indie rock yang sifatnya kreatif dan terbuka untuk mencoba pengalaman baru. Berbeda dengan penggemar punk rock yang kuat dan bersemangat, namun kurang memiliki rasa empati. (yga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *