Press ESC to close

PDI Perjuangan Turut Lestarikan Kesusastraan Sunda

  • February 21, 2022

CIAMIS,- Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedo Budiman mengapresiasi Kongkur Maca Sajak Sunda atau
Lomba Baca Sajak Sunda Cacangkir Sajak Godi Suwarna di Aula Dasa Dharma Komplek Gedung Pramuka Kwarcab Ciamis.

Perhelatan yang digelar 20-21 Februari 2022 ini, memperebutkan Piala Godi Suwarna ini diikuti 150 peserta dari seluruh Jawa Barat.

Godi Suwarna merupakan seorang sastrawan yang namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa cerpen dan puisi yang dipublikasikan ke berbagai media massa, dan juga merupakan salah satu penerima Hadiah Sastra Rancage.

“Acara ini merupakan bukti bahwa PDI Perjuangan Peduli pada pelestarian budaya khususnya Budaya Sunda,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Bedi berharap kegiatan ini menumbuhkan kecintaan masyarakat tatar sunda terhadap bahasa sunda.

Ia juga mendorong agar perhelatan ini digelar secara rutin khususnya di Kabupaten Ciamis.

“Sesuai dengan tema kegiatan ini yakni Miéling Poé Basa Indung Sadunya” yang artinya memeringati Hari Bahasa Ibu Sedunia, saya berharap akan menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa ibu yaitu bahasa sunda. Mudah-mudahan kedepan dapat digelar secara rutin,” tukasnya.

Yang unik, dalam sambutannya Bedi menyuarakan semangat gotong-royong dengan melantunkan lagu karya Mang Koko berjudul “Sabilulungan”.

Sontak seluruh hadirin pun mengikutinya.

Ia juga mengingatkan bahwa Bung Karno, pernah berpidato di Forum Sidang Umum PBB tahun 1960 yang menyuarakan perdamaian dunia, dimana dalam Mukadimahnya Bung Karno menyitir ayat al-Quran yakni Surat Al Hujurat:13,

“Ayat tersebut beserta terjemahannya, inti dari pesannya bahwa keragaman yang ada dimuka bumi ini adalah karena kehendakNya, dan yang paling mulia dimata Allah adalah yg bertaqwa. Namun siapakah yang paling bertaqwa itu? Hanya Allah-lah yang tahu, manusia tidak berhak mengatakan dirinya yang paling bertaqwa,” pungkas Bedi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *