Pemkot Banjar Gelar Rakor Bahas Pemetaan Wilayah Rawan Bencana Kekeringan


0

DEJABAR.ID, KOTA BANJAR – Wakil Walikota Banjar Nana Suryana mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Intansi terkait untuk memetakan wilayah-wilayah Desa dan Kelurahan di wilayah Kota Banjar yang rawan mengalami bencana kekeringan selama musim kemarau tahun 2019 dan menyiapkan segala upaya untuk mengantisipasi dampaknya.

Hal tersebut disampaikan orang nomor dua di Kota Banjar pada saat melaksanakan kegiatan Rakor Penanganan Bencana Kekeringan diwilayah Kota Banjar, Jumat (05/07/2019).

Orang nomor dua di Kota Banjar Nana Suryana menyebutkan, bahwa inti dari rakoor tersebut untuk membahas petakan wilayah Desa dan Kelurahan di wilayah Kota Banjar yang sering terdampak bencana kekeringan dan daerah yang kekurangan air. 

“Selain itu juga petakan gangguan kesehatan, dan petakan potensi kebakaran hutan selama musim kemarau, sehingga kita semua bisa mengantisipasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya kepada dejabar.id. Jum’at (05/07/2019).

Nana menerangkan, bahwa pada musim kemarau sekarang ini sedikitnya tercatat ada 5 wilayah Desa, dan Kelurahan di wilayah Kota Banjar yang sudah mulai terdampak bencana kekeringan. 

“Tercatat ada 5 wilayah Desa dan Kelurahan, di 2 Kecamatan yang sudah mulai terdampak bencana kekeringan, yaitu Kelurahan Situbatu, Desa Cibeureum, Desa Jajawar, Desa Binangun, dan Desa Neglasari,” katanya.

Menurut dia, petanya sudah jelas karena setiap tahun wilayah tersebut kerap dilanda bencana kekeringan tinggal pola antisipasi dan penanganannya. 

“Dalam upaya mengantisipasi dampak bencana kekeringan pada puncak musim kemarau. Kami Pemkot Banjar sudah meminta kepada seluruh  jajaran, khususnya petugas BPBD untuk menyiapkan tanki pengangkut air bersih guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat di daerah-daerah yang sering terkena dampak bencana kekeringan,” papar Nana. 

BPBD Kota Banjar diminta untuk memimpin ini dengan dibantu dari Dinas-Dinas Intansi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BBWS, Perhutani, PDAM, PMI, BUMN-BUMD, serta dukungan dari pihak TNI-Polri. (dry) 


Like it? Share with your friends!

0
dejabar

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *