Perang Siber, BSSN Siapkan SDM Defense dan Lindungi NKRI


Bogor – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) siap melatih para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi serangan siber terutama mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) infrastruktur Ibukota Negara (IKN).

Fakta serangan siber yang terjadi didunia merupakan pelajaran penting seperti yang terjadi di Estonia dan Ukraina.

BSSN membuat skala prioritas penguatan SDM,tekhnologi dan prosesnya,SDM handal jadi skala prioritas menghadapi perang siber
Dalam kunjungan ke Pusbang BSSN Sentul di pimpin oleh Kepala BSSN Letjen (Purn) Hinsa Siburian.

Dalam serangan siber ini ada tiga serangan umum dunia Siber:

  1. Mengambil alih Sensor dari gas memiliki pengaturan kapan alarm tersebut berbunyi atau mati dari gas yang tidak diharapkan

2.Mengambil alih Power plan/turbin,seorang penyerang bisa mematikan lampu di kota yang ditarget.
3.Penyerang bisa mengambil alih kereta listrik,

“BSSN senantiasa berperan aktif dalam menjalankan tugas keamanan siber yang terkait program-program pemerintah terkini,” ujar Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian Kantor Pusbang BSSN, Sentul, Bogor, Rabu (16/3/2022).

BSSN telah menyiapkan Pusat Pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilengkapi dengan sarana berupa simulator smart city Cybersecurity Online Simulation Platform di Sentul, Bogor.

Cybersecurity Online Simulation Platform menyediakan sarana pendukung kegiatan peningkatan kompetensi SDM Keamanan Siber dalam hal proses tanggap insiden siber dalam bentuk platform lab simulasi, yang dapat diakses oleh seluruh peserta secara online.

Sistem simulasi ini bisa memodelkan infrastruktur siber Smart City, sehingga dapat menjadi media pembelajaran terkait dalam upaya membangun kapabilitas dalam proses tanggap insiden, pendeteksian serangan siber, serta mitigasi khususnya pada sistem elektronik yang berkaitan dengan sektor-sektor yang ada di dalam Smart City.

Sistem yang dimiliki mencakup delapan sektor yaitu, Sektor Industri, Sektor Transportasi Udara, Sektor Energi, Sektor Kesehatan Transportasi Darat, Sektor Sumber Daya Air, Sektor Finansial, Jasa Keuangan dan Asuransi dan Sektor Telekomunikasi.

“SDM menjadi prioritas utama yang dikembangkan. Karena dengan SDM yang matang, kita bisa selalu berevolusi dan mengikuti kebutuhan akan keamanan siber. Kalau hanya mengejar teknologi, ya kita hanya belanja terus,” paparnya.

Untuk mengembangkan SDM keamanan siber yang berkompetensi, BSSN meembetikan pelatihan kepada lembaga pemerintah maupun umum dengan menggunakan 250 tools keamanan siber yang dapat di akses secara online.

“Saat ini ada dua kelas pelatihan keamanan siber. Peserta pelatihan cukup menggunakan tools yang dimiliki BSSN, sebagai alat penolong instruksi untuk mempermudah transfer keterampilan,” ujar Brigjen TNI Dominggus Pakel sebagai Kapusdatik.

Ia memaparkan, durasi kelas berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan. “Memberikan pengetahuan itu bertahap dan berkelanjutan. Melalui berbagai simulator, untuk meningkatkan SDM dalam bidang keamanan siber,” jelasnya.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format