Press ESC to close

Peringati Pekan Literasi, BPBI Abiyoso Buka Stand Huruf Braille

  • September 9, 2018

DEJABAR.ID, BANDUNG – Dalam memperingati hari Pekan Literasi Asia Afrika ke-5 tahun Kementerian Sosial Republik Indonesia Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) “ABIYOSO” membuka stand selama dua hari di depan Gedung Asia Afrika, 8-9 September 2018.
Stand yang dibuka mengusung tema “Pustaka Cakra Budaya Bangsa” ini juga memajangkan beberapa karya buku-buku Braille yang diperuntukkan untuk para kaum disablitas netra.
“Kita dari BPBI Abiyoso dibawah naungan Kementrian Sosial membuka stand ini untuk mendukung hari pekan literasi bagi semua kalangan,” ujar Anisa selaku pegawai dan penyusun bahan Braille yang ditemani oleh partnernya, Erna Karniawati selaku pengisi suara Braille.
Erna juga menjelaskan bahwa kaum disablitas netra bisa ikut merayakan hari literasi bukan hanya kaum yang normal saja.
Dalam kesempatan ini Anisa dan Erna juga mengajari huruf-huruf Braille secara langsung kepada para pengunjung yang datang langsung ke stand BPBI.
BPBI sendiri memiliki kantor yang berlokasi di Jalan Kerkof, No. 21 Leuwigajah, Cimahi selatan. Di kantornya sendiri terdapat prasarana untuk menunjang pembuatan huruf Braille seperti peralatan produksi buku Braille, peralatan produksi buku bicara dan perpustakaan Braille. Selain itu juga sering melakukan program kegiatan seperti pencetakan dan penerbitan buku Braille, memberikan pelayanan perpustakaan Braille, melaksanakan Bimtek Komputer Bicara dan melaksanakan sosialisasi baca tulis latin dan arab Braille.
“Pelayanan di kantor kita gratis, ini merupakan upaya kita agar teman-teman yang terkena disablitas netra bisa merasakan manfaatnya,” tutupnya. (eca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *