Permintaan 3000 Dus Per Hari, BUMDes Ciawigajah Hanya Mampu Penuhi 600 Dus


DEJABAR.ID, CIREBON – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Usaha Bangun Desa yang terletak di Desa Ciawigajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, sudah bisa memproduksi air mineral sendiri. Air tersebut diambil langsung dari sumber mata air di wilayah Ciawigajah yang melimpah.


Menurut Edi Junaedi (39), yang menjabat Ketua BUMDes “Mitra Usaha Bangun Desa” di Desa Ciawigajah, BUMDes ini hanya bisa memproduksi 600 dus air kemasan dalam sehari, untuk dikirim ke wilayah Cirebon. Padahal, pihak distributor yang sudah bekerja sama dengan BUMDes, minta dipasok 3.000 dus per harinya.

“Pihak distributor minta 3000 dus per hari, tapi kemampuan mesin kami hanya 600 dus per hari, selama 8 jam,” jelasnya, Selasa (2/7/2019).


Edi mengakui, keterbatasan kemampuan produksi air mineral BUMDes yang bernama Ciawi Water tersebut, dikarenakan mesinnya baru satu. Apalagi, dana untuk membangun pabrik produksi air mineral tersebut sudah mencapai 500 juta lebih.


“Kami mendapat suntikan dana sebesar 500 juta lebih buat membangun pabrik air mineral, dan itu baru satu mesin,” tuturnya.


Edi pun berharap, ke depannya BUMDes yang dikelolanya bisa mampu memenuhi permintaan distributor, sehingga pangsa pasarnya bukan di wilayah Cirebon saja, melainkan juga di luar Cirebon. Kemudian, pemasukannya juga nanti bisa digunakan untuk kepentingan desa dan masyarakatnya.


“Kita berharap bantuan dari pemerintah Kabupaten Cirebon juga untuk memajukan BUMDes di Ciawigajah ini,” pungkasnya.(Jfr)Attachments area