Press ESC to close

Perpustakaan 400 Kota Cirebon Peringati Hari Literasi Internasional

  • September 8, 2018

DEJABAR.ID, CIREBON – Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2018, Perpustakaan 400 Kota Cirebon bersama Dinas Sosial Kota Cirebon mengajak puluhan anak-anak usia dini untuk mencintai dunia literasi melalui story telling dan mendongeng, di Perpustakaan 400 Kota Cirebon, Jl. Brigjen Dharsono (By Pass) Kota Cirebon, Sabtu (8/9/2018).
Menurut Sukarelawan Literasi Cirebon, Lismah Rahmawati, kegiatan ini mengajak anak-anak usia dini dari Paud dan anak-anak jalanan binaan Diana Sosial Kota Cirebon. Dan juga, menghadirkan pendongeng asal Cirebon, yakni Ikhwan Jums atau yang akrab disapa Kak Jums, dan pendongeng cilik, Rasya.
“Melalui kegiatan ini, kami mengajak anak-anak usia dini untuk mengenal dan mencintai literasi di perpustakaan,” jelasnya saat ditemui dejabar.id di sela acara.
Lismah melanjutkan, adapun rangkaian acara dalam peringatan Hari Literasi Internasional ini selain story telling, adalah bedah buku, food class, cooking class, dan kelas merajut. Sedangkan untuk tiap minggunya sudah rutin melaksanakan story telling.
“Cinta literasi harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini, karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar dan menularkan mereka untuk berkarya dalam bidang literasi,” jelasnya.
Sedangkan menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Mochammad Korneli, bahwa anak-anak harus dibiasakan untuk mencintai dunia literasi sejak kecil. Minimal, mereka bisa membaca buku.
Karena itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon selalu mendukung upaya apapun dalam memajukan dunia literasi di Kota Cirebon, terutama dengan story telling kepada anak usia dini.
“Semoga anak-anak ini bisa mencintai literasi, sehingga jika besar nanti bisa membawa Kota Cirebon dalam dunia literasi,” pungkasnya. (jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *