PT Sariwangi Bangkrut? Inilah Beberapa Penyebabnya


DEJABAR.ID – Tersebarnya berita PT Sariwangi yang tengah mengalami keterpurukan banyak menuai berbagai reaksi. Bagaimana tidak, produk yang dihasilkan dari perusahaan teh raksasa Indonesia, PT Sariwangi Agricultural Estate Agency ini sudah banyak oeminatnya di Indonesia.

Siap yang gak tahu teh celup Sariwangi? sebagai salah satu produk andalannya yang hampir seluruh warga Indonesia pernah mengkonsumsi teh celup ini. Nama teh Sariwangi begitu tenar, selain enak, Sariwangi juga menjadi pelopor teh celup di Indonesia.

Tapi sayang, beberapa waktu lalu. Lalu,  PT Sariwangi Agricultural Estate Agency ini dinyatakan bangkrut. Berikut beberapa penyebab atas pailitnya PT Sariwangi berdasarkan beberapa sumber yang telah dejabar.id himpun.

1. Investasi gagal

Dalam perjalanannya, PT Sariwangi Agricultural Estate Agency pernah kemudian mencoba berinvestasi di penggunaan teknologi untuk meningkatkan produksi perkebunan.

Dengan uang yang tak sedikit PT Sariwangi mebuat terobosan untuk mengembangkan sistem drainase atau teknologi penyiraman air. Namun sayang hasilnya tidak maksimal..

3. Terlilit utang sebesar Rp 1,05 triliun

Permasalah keuangan pun muncul pada saat PT Sariwangi Agricultural Estate Agency bersama perusahaan afiliasinya PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung pada tahun 2015. Dua perusahaan ini ternyata terjerat utang hingga Rp 1,05 triliun ke sejumlah kreditur.

Beberpa kreditur mengajukan tagihannya pada tahun itu. Ada lima bank yakni PT HSBC Indonesia, PT Bank ICBC Indonesia, PT Bank Rabobank International Indonesia, PT Bank Panin Indonesia Tbk, dan PT Bank Commonwealth.

4. Dinyatakan pailit

Sebelumnya ada permohonan untuk berdamai kepada para kreditur dan ada kesepakatan penundaan pmbayaran. Namun lagi-lagi kedua perusahan ini tidak bisa memenuhinjanjinya hingga tahun 2018.

Kemudian pada Rabu (17/10/2018), Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan pembatalan homologasi dari salah satu kreditur yakni PT Bank ICBC Indonesia terhadap Sariwangi Agricultural Estate Agency, dan Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung.

Dengan diberikannya keputusan tersebut, dua perusahaan perkebunan teh ini resmi menyandang status pailit.

“Mengabulkan permohonan pembatalan perdamaian atau homologasi dari pemohon (ICBC), menyatakan perjanjian homologasi batal, menyatakan termohon 1 (Sariwangi), dan termohon 2 (Indorub) pailit dengan segala akibat hukumnya,” kata Ketua Majelis Hakim Abdul Kohar saat membacakan amar putusan, Selasa (16/10/2018) di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Hakim Abdul menyatakan bahwa Sariwangi dan Indorub telah terbukti lalai menjalankan kewajibannya sesuai rencana perdamaian dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sebelumnya.

5. Pendiri perusahan Johan Alexander Supit meninggal

Setelah Johan Alexander Supit sang pendiri perusahaan meninggal pada 21 November 2015 silam, sang anak Andrew Supit pun menggantikan ayahnya dan tidak lama perusahn itu pun diambil alih oleh pihak asinh CR AROMA setelah Andrew undur diri dari jabatannya pada 30 Oktober 2015. Seperti dilansir detikfinance.com Ndrew mengaku.

“Saya sudah tidak menjadi Direktur Utama PT SARIWANGI A.E.A. sejak 30 Oktober 2015 semenjak perusahaan diambil alih oleh perusahaan asing,” akunya.

6. Perusahan asing kuasai saham PT Sariwangi hingga 70%

Andrew mengatakan bahwa saham dari PT Sariwangi sebesar 70 persen telah dikuasai oleh perusahan asing.

“Di mana perusahaan asing tersebut menjadi pemilik PT Sariwangi A.E.A. dengan menguasai 70% saham perusahaan,” jelasnya.

7. Sejak 30 Oktober 2015 keluarga pendiri tidak lagi mengurus PT Sariwangi

Sejak  30 Oktober 2015 itu, pihak keluarah sang pediri pun tidak lagi terlibat dalam mengurus perusahan.

“Kami keluarga sudah tidak pernah lagi involve di perusahaan semenjak 3O Oktober 2015,” terang Andrew.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format