Pulihkan Ekonomi, DPRD Berharap Bumdes Mampu Berinovasi


Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman (foto:ist)

BANDUNG,- Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman mendorong desa agar berperan aktif dalam mempercepat akselerasi pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

Salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi desa adalah dengan memberdayakan keberdaan Bumdes. Saat ini dari 5.312 desa di Jawa Barat, keberadaan Bumdes sudah ada di 4.921 desa meskipun tidak semuanya aktif.

“Kami menaruh harapan besar pada kinerja perekonomian di pedesaan. Salah satunya adalah mendorong optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) untuk percepatan pemulihan ekonomi khususnya di Jawa Barat,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Bedi menegaskan optimalisasi Bumdes ini sudah semestinya menjadi perhatian Pemerintah Provinsi. Bumdes, kata Bedi, memiliki kontribusi besar bagi perekonomian baik di tingkat daerah ataupun nasional.

Terlebih, imbuh dia, fokus anggaran Dana Desa salah satunya ditujukan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan dan revitalisasi BUMDes dan BUMDesma di daerah.

“BUMDes mesti bisa berinovasi dengan mengolah produk agar memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Hal ini agar dapat meningkatkan keuntungan yang nantinya bakal dinikmati kembali oleh masyarakat desa,” pungkasnya. (*)